BPBD Sebut Tak Ada Kerusakan Akibat Gempa di Konsel

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Jumat, 09 April 2021
0 dilihat
BPBD Sebut Tak Ada Kerusakan Akibat Gempa di Konsel
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Repro google.com

" Sampai hari ini belum ada laporan dari masyarakat. Begitu juga hasil pantauan kami, selama berputar mulai dari Moramo hingga Kolono. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 2,7 dan 3,1 mengguncang Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sebanyak tiga kali.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konsel, Munawar mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi sebanyak tiga kali, dalam waktu dua hari itu.

"Sampai hari ini belum ada laporan dari masyarakat. Begitu juga hasil pantauan kami, selama berputar mulai dari Moramo hingga Kolono," kata Munawar, Jumat (9/4/2021).

Selain itu, ia mengungkapkan, pihaknya hingga saat ini masih memantau situasi dan kondisi di lapangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat gempa bumi tektonik itu.

"Kami dari BPBD selalu siap," ungkapnya.

Ia berharap, agar masyarakat tetap waspada dan tidak mendengar isu-isu yang menyesatkan.

Baca juga: Tiga Tawanan Teroris Pimpinan Abu Sayyaf Asal Wakatobi Akhirnya Dibebaskan

"Masyarakat harus selalu waspada dan mawas diri terhadap bencana, karena setiap bencana datang secara tiba-tiba. Kami imbau untuk siap siaga utamanya yang tinggal di pesisir atau lereng gunung," tutupnya.

Sebelumnya, wilayah Konsel telah diguncang gempa sebanyak tiga kali, yakni gempa bumi pertama terjadi pada hari Rabu 7 April 2021 lalu, sekira pukul 22.27 Wita.

Gempa bumi kedua, terjadi pada Kamis 8 April 2021 kemarin, sekira pukul 09.00 Wita. Dan gempa susulan ketiga terjadi sekira pukul 10.00 Wita.

Hasil analisa BMKG menunjukkan informasi gempa bumi pertama dan kedua itu berkekuatan M=2.7, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.27  LS, 122.44 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5.2 km, Barat Laut Laeya, Kabupaten Konsel, pada kedalaman 10 km.

Kemudian, analisa BMKG pada gempa bumi ketiga, menunjukan informasi gempa bumi ini berkekuatan M=3.1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.13  LS, 122.38 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21.9 km, Barat Laut Laeya Kabupaten Konsel, pada kedalaman 5 km.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan hingga di wilayah Laeya dengan skala Intensitas II - III MMI.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Kepala BMKG Kendari, Rudin, Kamis (8/4/2021) kemarin. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga