BPJS Kesehatan Kendari Lakukan Sertifikasi Peningkatan Pelayanan Petugas PIPP
Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 28 Oktober 2024
0 dilihat
Gandeng LSP P2, BPJS Kesehatan Kendari gelar sertifikasi untuk tingkatkan pelayanan petugas PIPP. Foto: Ist
" BPJS Kesehatan Cabang Kendari menggelar sertifikasi kompetensi bagi para petugas pemberi informasi dan penanganan pengaduan (PIPP) "
KENDARI, TELISIK.ID – BPJS Kesehatan Cabang Kendari menggelar sertifikasi kompetensi bagi para petugas pemberi informasi dan penanganan pengaduan (PIPP) di fasilitas kesehatan bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P2 BPJS Kesehatan, Rabu (9/10/2024) pekan lalu.
Program pelatihan dan sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi serta penanganan keluhan petugas PIPP. Dengan demikian, para petugas yang berada di garda terdepan dapat melayani masyarakat dengan lebih baik, ramah, dan profesional.
Sertifikasi ini diharapkan menjadi tolak ukur dalam memastikan kesiapan petugas menghadapi situasi nyata di lapangan.
Kegitan ini difokuskan pada penguasaan keterampilan komunikasi yang efektif, yang merupakan inti dari pelayanan kesehatan. Para petugas PIPP dibekali dengan materi Communication Skill in Service Quality" dan "Handling Complaint."
Baca Juga: Sumpah Pemuda ke-96, Pj Gubernur Sultra Serukan Persatuan dan Kesiapan Pilkada
Keterampilan lebih baik yang diperoleh diharapkan mereka dapat merespons dengan cepat dan tepat saat peserta mengajukan keluhan atau membutuhkan informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Eka Munawir, salah satu asesor, menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dengan memberikan pemahaman mendalam mengenai peran komunikasi dalam interaksi dengan peserta.
“Komunikasi adalah elemen penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Petugas harus bisa merespons keluhan dan kebutuhan peserta dengan tenang dan tepat,” ujarnya.
Sementara itu, asesor lain Harbu Hakim menyoroti pentingnya kemampuan para petugas dalam menjaga profesionalisme di tengah situasi yang penuh tekanan.
“Pelayanan kesehatan sering kali melibatkan situasi darurat atau keluhan yang memerlukan perhatian khusus. Dalam asesmen ini, kami melihat bagaimana para peserta merespons dengan solutif, menjaga ketenangan, dan memberikan solusi terbaik bagi peserta,” jelasnya.
Petugas PIPP RSUD Buton Utara, Rahmansyah, menyampaikan bahwa pelatihan ini memberikannya panduan yang sangat bermanfaat dalam melayani masyarakat.
“Bimbingan yang diberikan oleh para asesor sangat membantu saya dalam menangani keluhan peserta dengan lebih baik. Pelatihan ini sangat bermanfaat, dan saya berharap BPJS Kesehatan bisa menyelenggarakan program serupa secara rutin,” ungkapnya.
Menurut Rahmansyah, penting bagi petugas di lapangan untuk tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam praktik sehari-hari.
Ia menyebutkan bahwa sebelum mengikuti sertifikasi ini, dirinya sudah bersiap dengan mempelajari materi yang diberikan, berlatih bersama teman-teman, serta mendengarkan ulang penjelasan dari para pemateri.
“Persiapan ini membantu saya untuk bisa lebih percaya diri dan siap menghadapi asesmen. Saya optimis bisa lolos sertifikasi dan berharap ke depannya bisa melayani peserta dengan lebih baik,” tambahnya.
Asesor Vriessylia Poluan juga mengungkapkan bahwa pelatihan ini memiliki manfaat yang lebih luas, yaitu untuk menciptakan standar pelayanan yang seragam di seluruh fasilitas kesehatan di Sulawesi Tenggara.
“Dengan adanya sertifikasi ini, kami ingin memastikan bahwa seluruh petugas PIPP memiliki keterampilan yang setara dalam memberikan pelayanan terbaik. Ini adalah langkah penting untuk menjaga kualitas layanan di seluruh jaringan BPJS Kesehatan,” ujarnya.
Baca Juga: Kerugian Kebakaran di Gedung RSUD Bahteramas Capai Rp 100 Juta
Para asesor sepakat bahwa sertifikasi ini diharapkan tidak hanya menjadi bukti kompetensi, tetapi juga menjadi motivasi bagi petugas untuk terus belajar dan berinovasi dalam menghadapi tantangan di lapangan.
Didukung keterampilan yang lebih baik, pelayanan kesehatan di bawah naungan Program JKN diharapkan semakin optimal dan sesuai dengan harapan masyarakat.
BPJS Kesehatan Cabang Kendari menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan kualitas layanan melalui program sertifikasi ini.
Melalui pendekatan profesional dan pelatihan berkelanjutan, diharapkan bahwa para petugas PIPP dapat terus memberikan layanan yang ramah, solutif, dan responsif terhadap kebutuhan peserta, demi tercapainya layanan kesehatan yang inklusif dan bermutu tinggi. (C-Adv)
Penulis: Sigit Purnomo
Editor: Mustaqim
* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS