Buah Penurun Kolesterol Cocok Dikonsumsi Usai Santap Makanan Lebaran Idul Adha 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 26 Juni 2023
0 dilihat
Buah Penurun Kolesterol Cocok Dikonsumsi Usai Santap Makanan Lebaran Idul Adha 2023
Pisang baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi, karena memiliki kandungan zat inulin yang bisa membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol sehingga tetap stabil. Foto: Industry.co.id

" Menjelang hari raya Idul Adha banyak menu makanan yang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah? "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang hari raya Idul Adha banyak menu makanan yang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah?

Olehnya itu, Anda perlu menjaga kadar kolesterol normal, salah satunya dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Ada beragam makanan penurun kolesterol yang baik untuk dikonsumsi, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga daging ikan.

Berikut buah-buahan yang bisa menurunkan kadar kolesterol Anda dikutip dari Siloamhospital.com dan halodoc.com:

Baca Juga: Berapa Lama Wanita dapat Berhubungan Seks Pasca Melahirkan Cesar? Ini Kata Dokter Boyke

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang lezat dan cukup mudah didapatkan. Pisang baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi karena memiliki kandungan zat inulin yang bisa membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol sehingga tetap stabil. Buah pisang juga dapat dikonsumsi dengan cara dijus. Jus pisang merupakan salah satu jus penurun kolesterol paling cepat.

2. Alpukat

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah alpukat. Ya, alpukat kaya akan serat, lemak tak jenuh tunggal, polifenol, serta nutrisi fitosterol yang dapat mempertahankan kadar kolesterol dalam tubuh cenderung rendah bila dikonsumsi dengan rutin.

3. Buah Beri

Selain pisang dan alpukat, rupanya beri juga masuk ke dalam daftar buah penurun kolesterol yang baik dikonsumsi sehari-hari. Buah beri merupakan jenis buah-buahan yang mengandung indeks glikemik rendah. Artinya, tidak hanya kolesterol, tetapi buah beri juga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain makanan, para ahli juga meyakini kalau beberapa minuman dapat membantu menurunkan kolesterol, seperti: 

1. Teh hijau. Mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan kadar kolesterol total.

Baca Juga: Ini Manfaat Minyak Serai Selain Atasi Plak Gigi

2. Jus tomat. Tomat kaya akan senyawa lycopene, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL. 

3. Susu kedelai. Kedelai rendah lemak jenuh sehingga mengganti susu tinggi lemak dengan susu kedelai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga