Buang Limbah Nuklir ke Laut, Negara Ini Stop Impor Makanan Laut Jepang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 29 Agustus 2023
0 dilihat
Buang Limbah Nuklir ke Laut, Negara Ini Stop Impor Makanan Laut Jepang
Kabar Jepang buang limbah nuklir ke laut membuat heboh dunia hingga seminggu terakhir, membuat beberapa negara enggan mengimpor makanan laut Jepang. Foto: Detik.com

" Kabar Jepang buang limbah nuklir ke laut membuat heboh dunia hingga seminggu terakhir. Jepang menyebut tindakan tersebut aman dilakukan "

TOKYO, TELISIK.ID - Kabar Jepang buang limbah nuklir ke laut membuat heboh dunia hingga seminggu terakhir. Jepang menyebut tindakan tersebut aman dilakukan.

Namun, ilmuwan memikirkan jangka panjang terkait kehidupan laut hingga manusia. Terlebih Jepang memperkirakan proses ini akan terus berlangsung hingga akhir Maret 2024.

Di balik perdebatan para ilmuwan, berbagai dampak yang timbul di daratan. Salah satunya adanya berbagai penolakan, kekhawatiran, hingga proses boikot terhadap produk Jepang yang bisa menyeret perekonomian.

Dampak timbul pasca Jepang buang nuklir di laut:

1. Produk terancam

Mengutip Detik.com, salah satu negara yang keras melawan langkah Jepang adalah Tiongkok. Melalui media sosial Weibo, negaranya memberikan seruan boikot untuk tindakan Jepang yang berdampak pada produk-produknya.

Baca Juga: Deretan Fakta Lengkap Luis Rubiales Cium Bibir Jennifer Hermoso, Terancam 15 Tahun

Dikutip dari CNN Business disebutkan beberapa komentar menyatakan "Kita harus melarang semua produk Jepang" dan "Orang Jepang tidak bertanggung Jawab".

Dengan larangan produk dan makanan Jepang membuat industri perikanan negara tersebut terancam. Terlebih disebutkan bila Tiongkok adalah pasar ekspor makanan laut utama Jepang.

2. Picu perang panjang

Para ahli mengatakan kekuatan respons yang diberikan Cina terkait langkah Jepang mencerminkan sejarah panjang permusuhan antara dua negara raksasa di Asia ini. Keduanya dinilai memiliki hubungan yang kurang baik sejak Perang Dunia II terlebih masalah sengketa wilayah.

Ternyata, seruan untuk memboikot Jepang sering terjadi dan muncul setiap ada keluhan atau sengketa wilayah. Di tahun 2021, hubungan perdagangan keduanya merosot ke titik terendah ketika Jepang menasionalisasi sekelompok pulau di Laut Cina Timur.

Hal ini membuat pemerintah di Beijing mengeluarkan protes keras anti-Jepang di kota-kota Cina. Boikot ini lebih jauh berkembang menjadi serangan kekerasan terhadap pabrik-pabrik atau merek Jepang di Cina dari produsen mobil hingga peralatan rumah tangga.

Berikut negara dan wilayah yang memberlakukan larangan impor terhadap Jepang per Selasa (29/8/2023) dilansir Cnbcindonesia.com:

1. China

2. Hong Kong

3. Taiwan

4. Korea Selatan

Baca Juga: 4 Budaya Seks Suku Eskimo, Nomor 1 Bikin Tercengang

5. Singapura

6. Malaysia

7. Thailand

8. Amerika Serikat (AS)

9. Australia

10. Rusia. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga