adplus-dvertising

Buka Jambore Pramuka Konawe, Kery: Mari Ciptakan Generasi Berkarakter Lebih Baik

Aris Syam, telisik indonesia
Kamis, 19 Mei 2022
323 dilihat
Buka Jambore Pramuka Konawe, Kery: Mari Ciptakan Generasi Berkarakter Lebih Baik
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat membuka upacara jambore kwartir cabang Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menginginkan dalam kegiatan jambore kwartir cabang Konawe tahun 2022 ini dapat mendorong gerakan pramuka "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menginginkan dalam kegiatan jambore kwartir cabang Konawe tahun 2022 ini dapat mendorong gerakan pramuka, memiliki karakter yang lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

Hal itu diungkapkan Kery Saiful Konggoasa saat membuka kegiatan Jambore gerakan Pramuka kwartir cabang Konawe bertempat di bumi perkemahan Amonggedo Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe, Kamis (19/5/2022).

Selaku ketua majelis pembimbing kwartir gerakan Pramuka Cabang Konawe, Kery  mengatakan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian dan berkarakter baik.


Kemudian juga, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa serta melestarikan lingkungan hidup.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bersama Sekda Konawe, Ferdinan Sapan saat foto bersama dengan peserta jambore. Foto: Aris Syam/Telisik

 

"Dan juga menjadi kader penerus bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila," jelas Kery.

Lebih lanjut kata Kery, memiliki kepribadian mulia dan berkecakapan hidup adalah satu kalimat singkat yang bisa mengambarkan amanat Undang-Undang gerakan pramuka tersebut. Dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Komisi B DPRD Sumatera Utara Undang Dinas Kehutanan, Ini yang Dibahas

Kery juga menjelaskan, jika gerakan pramuka suatu wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa dan merupakan tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya.

Sehingga demikian, melalui gerakan pramuka kita diajarkan untuk bersikap mandiri, berani, bertanggung jawab, berdisiplin dan terampil. Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota pramuka.

engamatan tanda peserta yang diberikan langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Foto: Aris Syam/Telisik

 

"Di organisasi gerakan pramuka ini kita dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah, kita belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain," imbuhnya.

Orang nomor satu di Konawe itu berpesan dalam kegiatan jambore cabang tingkat Kabupaten Konawe ini diharapkan, dapat mendidik adik-adik penggalang menjadi pramuka yang rajin, terampil dan gembira.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan jambore cabang ini dapat membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka," jelas Kery.

Baca Juga: Selain Cegah PMK, Manggarai Juga Cekal Pengiriman Sapi Ilegal ke Luar Daerah

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore Cabang Konawe, Agusuyono menjelaskan, pelaksanaan jambore cabang Konawe ini dimulai 18-22 Mei 2022 dan diikuti oleh peserta penggalang perutusan kwartir ranting se-Kabupaten Konawe.

"Jumlah peserta pria 241 orang, wanita 241 orang serta pembina pendamping sebanyak 43 orang," katanya.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menyambangi para peserta jambore kwartir cabang Konawe tingkat penggalang. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Agusuyono menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut sebagai bentuk program kerja kwartir cabang Konawe tahun 2022 serta sebagai ajang pertemuan besar pramuka penggalang yang ada di Konawe.

"Serta sebagai ajang menyalurkan bakat, minat, dan pengetahuan peserta didik khususnya tingkat pramuka penggalang," jelas Kadis Sosial Konawe itu. (B-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga