Deretan Penemu Asal Indonesia yang Diakui Dunia, Terbaru Malah Diabaikan Negara

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 11 Juli 2023
0 dilihat
Deretan Penemu Asal Indonesia yang Diakui Dunia, Terbaru Malah Diabaikan Negara
Penemu mesin nikuba, alat pengubah air menjadi bahan bakar hidrogen Aryanto Misel (68), mengaku tidak butuh pemerintah terkait hasil temuannya itu. Foto: Insidenpontianak.com

" Indonesia rupanya memiliki penemuan hebat yang diakui dunia. Temuan-temuan tersebut berasal dari berbagai bidang "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia rupanya memiliki penemuan hebat yang diakui dunia. Temuan-temuan tersebut berasal dari berbagai bidang.

Berikut 9 penemu hebat asal Indonesia yang diakui dunia dilansir dari berbagai sumber:

1. R.M Sedyatmo (penemu fondasi cakar ayam)

Melansir Cnbcindonesia.com, Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1934 itu yang menemukan sistem arsitektur infrastruktur atau dikenal dengan fondasi cakar ayam. Landasan pacu Soekarno-Hatta merupakan salah satu yang menggunakan fondasi tersebut.

Baca Juga: Profil Al-Khawarizmi, Ilmuan Muslim Penemu Algoritma hingga Aljabar

2. Khoirul Anwar (penemu konsep dua FFT)

Konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) nantinya digunakan dalam 4G LTE dan menjadi standar International Telecoomunication Union (ITU) dan dipatenkan pada 2005. Khoirul merupakan lulusan NAIST (Nara Institute of Science and Technology) Jepang.

Selain konsep FFT, dia juga punya sejumlah paten lain. Misalnya sistem deteksi ilegal transmitter yang berpotensi digunakan dalam teknologi 5G.

3. Yogi Ahmad Erlangga (penemu rumus matematika dalam perminyakan)

Yogi berhasil menyelesaikan persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik secara cepat (robust). Hasilnya digunakan untuk pemrosesan data seismik menjadi seratus kali lebih cepat.

Metode yang digunakan itu dinilai lebih baik dan cepat dari yang digunakan perusahaan minyak. Dia juga berhasil menemukan rumus berbagai masalah perminyakan serta kemampuannya itu menarik perhatian perusahaan minyak dunia, Shell.

4. Randall Hartolaksono (penemu bahan bakar anti-panas dan anti-api)

Penemu lainnya adalah Randall yang merupakan lulusan Universitas of London. Dia menemukan bahan anti api dan anti panas dari kulit singkong. Pada akhirnya digunakan perusahaan otomotif dunia dan diakui oleh perusahaan seperti Petronas dan Ford.

5. Muhammad Nurhuda (penemu kompor ramah lingkungan)

Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya sukses menciptakan kompor ramah lingkungan. Nurhuda juga mengembangkan Rancang Bangun Pilot Plan Gasifikasi Sampah Menjadi Syngas untuk Alternatif Pembangkit Energi Listrik yang Ramah Lingkungan, menghasilkan limbah di bawah batas minimum yang telah ditetapkan WHO.

6. Tjokorda Raka Sukawati (penemu sistem penyangga jalan layang)

Tjokorda merupakan penemu konstruksi Sosrobahu atau Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH). Ini adalah sistem yang dapat memudahkan pembangunan jalan layanan tanpa mengganggu arus lalu lintas. Temuannya itu telah diaplikasikan oleh insinyur Amerika Serikat (AS) saat membangun jembatan di Seattle.

Baca Juga: Wanita Paling Cantik Ini Ternyata Penemu Wi-Fi, Berawal dari Eksperimen Bodoh

7. Aryanto Misel (Penemu nikuba)

Melansir dari Cnnindonesia.com, penemu alat pengubah air menjadi bahan bakar kendaraan bernama Nikuba, Aryanto Misel mengumumkan dirinya tak butuh bantuan pemerintah terkait pengembangan atas inovasinya itu.

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam sebuah wawancara televisi yang kemudian diunggah ke media sosial pada akun Instagram bernama Undercover.

"Saya tidak butuh mereka," kata Aryanto dikutip Selasa (11/7/2023).

Alat Nikuba temuan Aryanto sebelumnya kembali viral setelah 'go internasional' tepatnya Italia. Bahkan teknologi ini mendapat kesempatan untuk dikenal lebih jauh oleh sejumlah pabrikan otomotif asal Italia. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga