Buntut Demo Buruh PT VDNI, Puluhan Dump Truk dan Alat Berat Hangus Dibakar

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 15 Desember 2020
0 dilihat
Buntut Demo Buruh PT VDNI, Puluhan Dump Truk dan Alat Berat Hangus Dibakar
Aksi anarkisme buruh yang merusak fasilitas perusahaan PT. VDNI. Foto: Ist.

" Untuk mengantisipasi keadaan, sebanyak tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob, satu SSK Dalmas Polres Konawe, 100 personel Yonif 725/Woroagi dan 50 anggota Kodim/1417 Kendari dikerahkan untuk membantu pengamanan pasca pembakaran terhadap puluhan kendaraan truk di kawasan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) Morosi, Konawe. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hingga Senin malam (14/12/2020), aksi demonstrasi disertai pembakaran dilakukan para buruh PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) saat demonstrasi di Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara.

Puluhan kendaraan dump truk yang terparkir di sekitar pos pengamanan lokasi aksi demonstrasi terbakar. Selain itu, puluhan kendaraan karyawan dan sejumlah alat berat yang berada di kawasan industrial pertambangan nikel VDNI juga ikut terbakar.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Ferry Walintukan mengatakan, untuk mengamankan massa aksi yang anarkis, Polda telah menerjunkan sekitar tiga kompi Brimob dan Dalmas untuk membubarkan massa aksi.

Aksi ricuh dan anarkisme buruh PT VDNI ini dipicu oleh aksi unjuk rasa menuntut kenaikan upah dan perubahan status karyawan.

 

 

Kapolres Konawe, AKBP Yudi Kristanto menjelaskan, pihaknya telah mengupayakan negosiasi kepada para buruh untuk melakukan dialog agar tidak terjadi bentrok, namun upaya itu terkendala lemahnya data yang dimiliki para buruh.

Negosiasi yang menemui jalan buntu tersebut, akhirnya berujung bentrokan antara buruh dengan karyawan dan petugas keamanan kawasan industri yang merasa terganggu oleh adanya aksi demonstrasi para buruh.

Baca juga: 6 Orang Tersengat Listrik di Bombana, Satu Orang Meninggal Dunia

"Kami masih bersiaga di kawasan industri ini, untuk mengantisipasi adanya aksi bentrokan susulan. Berbagai upaya negosiasi terus kami lakukan, untuk menghindari terjadinya aksi brutal," ucapnya, Senin (14/12/2020).

Selain itu, pasukan Brimob dan TNI telah dikerahkan untuk membantu pengamanan usai pembakaran puluhan kendaraan truk di kawasan PT VDNI Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara.

"Untuk mengantisipasi keadaan, sebanyak tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob, satu SSK Dalmas Polres Konawe, 100 personel Yonif 725/Woroagi dan 50 anggota Kodim/1417 Kendari dikerahkan untuk membantu pengamanan pasca pembakaran terhadap puluhan kendaraan truk di kawasan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) Morosi, Konawe," ujar Dandim 1417/Kendari Kol Kav Agus Waluyo.

Aksi ribuan buruh ini mulai berlangsung sejak Senin dini hari (14/12/2020).

Buruh ini tergabung dalam Serikat dan Perlindungan Tenaga Kerja (SPTK) Kabupaten Konawe dan Dewan Pengurus Wilayah Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (DPW F-KSPN) Provinsi Sulawesi Tenggara. (B)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga