Bupati Konawe Selatan Panen Perdana Padi Organik di Konda

Ashar Hamka, telisik indonesia
Sabtu, 04 Juni 2022
0 dilihat
Bupati Konawe Selatan Panen Perdana Padi Organik di Konda
Inovasi terus dikembangkan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan dalam meningkatkan hasil produksi pertanian. Foto: Ist.

" Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, tentunya terus berinovasi agar peningkatan hasil produksi terus meningkat tiap tahunnya "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Sebagai salah satu kabupaten pemasok kebutuhan beras di Sulawesi Tenggara, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, tentunya terus berinovasi agar peningkatan hasil produksi terus meningkat tiap tahunnya.

Dengan begitu diharapkan bakal menopang kesejahteraan masyarakat petani di wilayah pimpinan Bupati Surunuddin Gangga ini.

Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga bersama Bupati Bombana H.Tafdil serta anggota DPRD Sultra Aksan Jaya Putra, pelaksana Sekda Siti Chadijah, ST serta sejumlah OPD lainnya, melakukan panen perdana padi sawah organik hasil dari aplikasi pupuk organik Regen di Desa Masagena, Kecamatan Konda, Sabtu (4/6/2022)

Surunuddin Dangga menjelaskan pihaknya mendukung penuh program pengembangan padi sawah dengan perlakuan khusus melalui pupuk organik Regen. Yang mana, wilayah kecamatan Lalembuu, dipersiapkan sebagai percontohan untuk mendukung peningkatan produktivitas petani.

Mengingat di wilayah tersebut sudah ada pengembangan padi organik. “Bentuk dukungan pemerintah daerah dalam peningkatan hasil pertanian padi sawah adalah akses Infrastruktur jalan  menuju area pertanian yang sudah dibuka,“ ungkapnya.

Pimpinan perusahaan pengembang pupuk Regen Guntur mengatakan aplikasi percontohan dari pupuk tersebut dilakukan di empat kabupaten yakni kabupaten Konawe Selatan, Konawe, Kolaka Timur dan Kabupaten Bombana. Katanya, jika sebelumnya petani dapat panen hingga tiga ton per hektar dengan aplikasi pupuk kimia, Dengan menggunakan pupuk organik URGEN penari bisa menghasilkan gabah hingga 6 Ton.

Baca Juga: Dugaan Pungli di Dikbud Muna Barat Mencuat

Sementara itu,  Bupati Bombana H. Tafdil memastikan dirinya siap mendukung program ini. Pasalnya, ia meyakini, bakal mampu mendongkrak taraf hidup masyarakat petani di kabupaten yang dipimpinnya.

“Jika dilihat dari peningkatan hasil panen padi sawah dengan menggunakan pupuk organik cair  ini. Saya jadi penasaran juga dengan pengembangan padi dengan menggunakan pupuk ini," ungkap Tafdil.

Dilain pihak, anggota DPRD Sultra Aksan Jaya Putra yang turut hadir dalam panen padi tersebut menuturkan daerah daerah penyangga pangan seperti Kabupaten Konawe Selatan, Konawe, Kolaka Timur dan Kabupaten Bombana harus mendapatkan perhatian khusus dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Baca Juga: Tari Lumense Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia Award 2022

Dimana, lanjut Ketua Fraksi Partai Golkar ini, dirinya bakal memaksimalkan potensi pertanian untuk dikembangkan dan dimasukkan dalam APBD Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Keberadaan pupuk organik cair Ragen ini bisa menjadi salah satu solusi bagi petani saat ini dalam membutuhkan pupuk murah," ungkap Aksan, sapaan akrabnya. (A-Adv)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga