ODGJ di Muna Barat Akhirnya Dapat Bantuan Berobat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 15 April 2023
0 dilihat
ODGJ di Muna Barat Akhirnya Dapat Bantuan Berobat
Kunjungan pemda pada salah satu rumah warga pengidap ODGJ, di Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Muna Barat. Foto: Ist.

" Jamin kesehatan bagi seluruh warga Muna Barat, pemerintah daerah (Pemda) salurkan bantuan bagi salah satu penderita orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Jamin kesehatan bagi seluruh warga Muna Barat, pemerintah daerah (Pemda) salurkan bantuan bagi salah satu penderita orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat.

Warga tersebut bernama Wa Ambe yang telah lama mengidap ODGJ, pihak keluarga mengaku akan memberikan pengobatan namun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pihak keluarga, salah satunya terkait biaya pengobatan.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima olehnya dari salah satu pihak keluarga bahwa kendala yang dihadapi yaitu pengidap ODGJ ini tak memiliki KTP dan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Rp 2,2 Miliar Dana Hibah Rumah Ibadah di Muna Barat

"Informasi ini didapatkan melalui anaknya bahwa ibunya mengidap ODGJ dan terkendala dalam pengobatan," ungkap Bahri, Sabtu (15/4/2023).

Untuk itu, pemda bersama jajarannya turun meninjau langsung pengidap ODGJ guna memerintahkan kepada dinas terkait agar memenuhi keperluan pengobatan Wa Ambe.

Bahri katakan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ditugaskan untuk merekam dan menerbitkan KTP penderita ODGJ tersebut.

Selanjutnya Dinas Kesehatan juga turut diperintahkan untuk mengeluarkan kartu BPJS Kesehatan, serta menyiapkan perawat beserta jajaran Puskesmas Lailangga mengantar yang bersangkutan untuk berobat ke Rumah Sakit Jiwa Kota Kendari.

Baca Juga: Jamin Ketersediaan Pangan, Pemkab Muna Barat Gandeng Bulog

"Kita juga berikan bantuan dana untuk pengobatannya," pungkas Bahri.

Sementara itu, anak dari pengidap ODGJ, Muhamad Syarifudin mengatakan, dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah sangat membantu proses pengobatan sang ibu.

"Sebab hal ini yang kami inginkan, terbantunya pengobatan bagi ibu saya," singkatnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga