Bupati Muna Ajak Warga Lawan COVID-19

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 23 Maret 2020
0 dilihat
Bupati Muna Ajak Warga Lawan COVID-19
Bupati Muna, LM Rusman Emba saat memimpin penyemprotan disinfektan. Foto : Naryo/Telisik

" Kita juga sudah siapkan dana taktis sebesar Rp 178 juta untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), pengukur suhu tubuh dan lain-lainya. Kalau kurang, dananya, kita ambilkan di APBD dengan mengalihkan kegiatan lain. "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama melawan penyebaran virus COVID-19. Caranya dengan menghindari kerumunan serta menetap di dalam rumah.

"Kita sama memutuskan mata rantai COVID-19 dimulai diri kita sendiri," ajak Rusman.  

Untuk penanganan penyebaran virus mematikan itu, Pemkab sudah melakukan langkah dengan memperketat pintu masuk. Baik dari Banda Udara Sugimanuru hingga Pelabuhan Nusantara dan Tampo.

Baca Juga : Cegah Penyebaran COVID-19, Kapal Feri di Kolaka Disemprot Disinfektan

"Semua pintu masuk akan diawasi secara maksimal," timpalnya.  

Sebagai langkah awal,  mantan senator DPD-RI itu telah memimpin langsung penyemproran disinfektan pada ruang terbuka, pembagian 15 ribu masker serta 20 ribu kaos tangan.

"Kita juga sudah siapkan dana taktis sebesar Rp 178 juta untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), pengukur suhu tubuh dan lain-lainya. Kalau kurang,  dananya, kita ambilkan di APBD dengan mengalihkan kegiatan lain," ungkapnya.

Sejauh ini, posisi Bumi Sowite masih aman dari virus itu. Namun,  ada 21 orang yang masuk kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan 2 orang masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Baca Juga : Pasien Rujukan dari Mubar Banyak tidak Sesuai Prosedur

"Walaupun nihil,  tetap harus diwaspadai," pungkasnya.

 

Reporter: Naryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga