Calvin Verdonk Resmi jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia Bentrok Filipina

Merdiyanto , telisik indonesia
Rabu, 05 Juni 2024
0 dilihat
Calvin Verdonk Resmi jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia Bentrok Filipina
Calvin Verdonk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan sumpah dan berpeluang membela Timnas Indonesia saat menghadapi Filipina di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Foto: Repro Instagram @erickthohir

" Calvin Verdonk resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta pada Selasa (4/6/2024) malam "

JAKARTA, TELISIK.ID - Calvin Verdonk resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta pada Selasa (4/6/2024) malam.

Dikutip dari Cnnindonesia.com, pengambilan sumpah dilakukan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta. Dengan begitu Calvin Verdonk berpeluang membela Timnas Indonesia melawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 11 Juni mendatang.

Kabar Verdonk jadi WNI diumumkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir lewat akun Instagram miliknya.

"Alhamdulillah Calvin Verdonk sudah resmi menjadi WNI setelah pengambilan sumpah. Setelah proses pengambilan sumpah, Calvin juga langsung membuat KTP dan paspor Indonesia," tulis Erick.

Baca Juga: Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Disetujui Komisi III DPR RI

Tinggal satu langkah lagi, Calvin bisa membela Timnas Indonesia. Dimana dia hanya butuh persetujuan dari FIFA. Terima kasih untuk Bapak Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI, Pimpinan Komisi III DPR RI, Pimpinan Komisi X DPR RI, Menpora dan Menkumham yang selalu memberikan dukungan untuk sepak bola Indonesia semakin maju.

Verdonk sendiri memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang lahir di Meulaboh, Aceh. Sementara sang ibu lahir di Belanda.

Baca Juga: Shin Tae-yong Minta Calvin Verdonk Latihan Bersama Timnas Indonesia Meski Naturalisasi Belum Beres, Ini Alasannya

Dikutip dari Okezone.com, proses naturalisasi Calvin Verdonk termasuk cepat. Sebab, pada Senin (3/6/2024), berkas naturalisasi Calvin Verdonk baru dibahas di Komisi X dan III DPR RI.

Setelah itu, Selasa (4/6/2024) pagi WIB, berkas naturalisasi Calvin Verdonk disahkan di rapat paripurna DPR RI. Setelah rapat paripurna, proses selanjutnya adalah keluarnya Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah WNI.

Calvin Verdonk akan menambah persaingan di sektor kiri pertahanan Timnas Indonesia yang sebelumnya ada Shayne Pattynama, Pratama Arhan dan Nathan Tjoe-A-On. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga