Shin Tae-yong Minta Calvin Verdonk Latihan Bersama Timnas Indonesia Meski Naturalisasi Belum Beres, Ini Alasannya

Merdiyanto , telisik indonesia
Jumat, 31 Mei 2024
0 dilihat
Shin Tae-yong Minta Calvin Verdonk Latihan Bersama Timnas Indonesia Meski Naturalisasi Belum Beres, Ini Alasannya
Seminar Akhir dan Penarikan Mahasiswa Magang Program Studi Administrasi Rumah Sakit STIKES Pelita Ibu, telah sukses dilaksanakan di Rumah Sakit UNHAS. Foto: Ist.

" PSSI membeberkan alasan kenapa Calvin Verdonk mulai ikut latihan Timnas Indonesia meski proses naturalisasinya belum rampung. Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji "

JAKARTA, TELISIK.ID - PSSI membeberkan alasan kenapa Calvin Verdonk mulai ikut latihan Timnas Indonesia meski proses naturalisasinya belum rampung. Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji.

Dikutip dari Bolasport.com, Calvin Verdonk dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia berdasarkan permintaan pelatih Timnas, Shin Tae-yong.

Pemain 27 tahun ini, mulai mengikuti latihan perdana dengan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (31/5/2024). Verdonk baru tiba di Tanah Air dari Belanda pada Kamis (30/5/2024).

"Saya perlu sampaikan bahwa hari ini Verdonk sudah ikut latihan dengan timnas. Memang itu keinginan pak Ketum tentu atas permintaan Shin Tae-yong agar Verdonk bisa bergabung," Kata Sumardji.

Baca Juga: DPR Rapat Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven, Target Bela Timnas Indonesia Lawan Filipina

"Alhamdulillah pagi ini sudah bergabung. Tujuannya supaya coach Shin tau kondisi dia dan bisa menyatu, sambil menunggu proses naturalisasi yang sedang dilakukan federasi," ujarnya.

Jika tidak ada kendala proses naturalisasi pemain kelahiran Belanda itu akan dibahas di Komisi III dan X DPR RI pada Senin (3/6/2026). Jika disetujui, akan disahkan dalam rapat paripurna DPR RI.

"Ya, ini sedang proses berjalan nanti kita ikuti perkembangannya," ucap Sumardji.

Mengutip dari cnnindonesia.com, dari DPR berkasnya akan disampaikan ke Sekretariat Negara (Setneg) untuk diberikan ke presiden. Nantinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan surat keputusan.

Dari surat keputusan presiden ini kemudian akan dilakukan pengambilan sumpah setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) yang dilanjutkan dengan pembuat KTP dan paspor.

Jika semua proses naturalisasi selesai, PSSI akan mengajukan surat perubahan status Verdonk dan Raven ke FIFA, dari federasi sepak bola Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Baca Juga: Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Tiba di Jakarta Jelang Lawan Irak dan Philipina, Rafael Struick dan Ivar Jenner Baru Tiba

Proses inilah yang harus dijalani Verdonk agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Karenanya kans Verdonk tampil saat Garuda muda melawan Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024) belum pasti.

Sumardji menambahkan, timnas Indonesia saat ini mulai lengkap. Terbaru Pratama Arhan sudah bergabung. Namun masih ada tiga pemain yang belum tiba. Mereka yakin Justin Hubner, Jordi Amat, dan Jay Idzes.

Sementara Yance Sayuri harus dicoret dari daftar Timnas karena mengalami cedera. Untuk itu, Shin Tae-yong memanggil dua pemain baru. Keduanya yakni Malik Risaldi (Madura United) dan Nadeo Argawinata (Borneo FC Samarinda).

"Yang belum datang itu Jordi, Jay Idzes , Justin, tiga (yang masih belum datang)," kata Sumardji. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga