Capai 63,21 Persen, Vaksinasi Kota Kendari Tertinggi di Sultra

Sumarlin, telisik indonesia
Selasa, 02 November 2021
0 dilihat
Capai 63,21 Persen, Vaksinasi Kota Kendari Tertinggi di Sultra
Dinas Kesehatan Kota Kendari terus memberikan pelayanan vaksinasi. Foto: Sumarlin/Telisik

" Hal serupa terjadi terhadap vaksinasi lansia yang juga menjadi salah satu sasaran vaksinasi COVID-19 "

KENDARI, TELISIK.ID - Angka capaian vaksinasi Kota Kendari sebesar 63,21 persen masih menjadi yang tertinggi di provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku, meskipun masih menjadi yang tertinggi angka vaksinasi, namun pemerintah Kota Kendari terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Kesehatan sehingga proses vaksinasi berjalan dengan baik.

"Setelah di atas 60 persen progresnya tidak secepat sebelumnya, karena saat ini kita akan berhadapan dengan masyarakat yang ragu, bahkan yang anti terhadap vaksin. Sebelumnya itu antusiasnya tinggi bahkan kita yang dikejar-kejar masyarakat," ungkap Sulkarnain.

Menurut pasangan Siska Karina Imran ini, target untuk mencapai angka 70 persen atau kesehatan komunal (herd immunity) tidak semudah saat mencapai angka 60 persen.

Hal serupa terjadi terhadap vaksinasi lansia yang juga menjadi salah satu sasaran vaksinasi COVID-19.

Baca Juga: Kota Kendari Dapat Penghargaan Penanganan COVID-19 Terbaik

Baca Juga: Puji Program Kendari Terang, Ketua DPRD Kampanyekan Sulkarnain Dua Periode

"Kelompok lansia ini menjadi tantangan hampir seluruh Indonesia, saya bertemu dengan beberapa kepala daerah juga menyatakan hal yang sama. Untuk lansia itu memang butuh penanganan khusus dan butuh upaya untuk meyakinkan mereka," katanya.

Tentang warga Kota Kendari yang masih dinyatakan positif COVID-19, wali kota mengaku saat ini tidak ada yang dirawat di Kota Kendari.

Lima tambahan yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif memang merupakan warga Kota Kendari, namun saat ini sedang menjalani perawatan di Jogjakarta.

"Posisinya di luar daerah cuma ber KTP Kendari, sehingga dirawatnya di luar Kota Kendari. Kemarin sempat ada angka lima setelah kita konfirmasi ternyata posisinya di Jogja sedang melakukan perjalanan dinas, pulang di swab ternyata hasilnya positif," jelas wali kota.

Politisi PKS ini menambahkan, saat ini warga Kota Kendari tersebut sedang dalam perawatan untuk pemulihan, dengan kondisi baik.

Sementara itu, Kasus Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum menjelaskan, mengakselerasi vaksinasi di Kota Kendari, Dinas Kesehatan menjalankan program vaksinasi massal bagi lansia yang dilakukan sejak 1-6 November di halaman kantor Dinas Kesehatan.

"Kami sarankan bagi masyarakat yang masih memiliki lansia agar sebaiknya dibawa ke Dinas Kesehatan untuk divaksin," katanya.

Hingga Senin (1/11/2021), kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Kendari tersisa 4 orang. Sedangkan vaksinasi sebesar 63,21 persen dan kelompok lansia sebesar 56,94 persen. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga