Cara Aman Nikmati Hidangan Lebaran Bagi Penderita Diabetes

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 18 April 2023
0 dilihat
Cara Aman Nikmati Hidangan Lebaran Bagi Penderita Diabetes
Makanan khas lebaran identik dengan makanan manis yang mengandung banyak gula dan kalori, hal ini berisiko terhadap kesehatan penderita diabetes. Foto: Health.detik.com

" Perayaan lebaran tak lengkap jika tak disuguhi berbagai hidangan khasnya. Makanan yang disajikan di momen lebaran identik dengan makanan yang mengandung gula dan kalori yang tinggi, seperti kue kering, permen, coklat, dan lain-lain "

KENDARI, TELISIK.ID - Perayaan lebaran tak lengkap jika tak disuguhi berbagai hidangan khasnya. Makanan yang disajikan di momen lebaran identik dengan makanan yang mengandung gula dan kalori yang tinggi, seperti kue kering, permen, coklat, dan lain-lain.

Dilansir dari Lifestyle.bisnis.com, konsumsi hidangan lebaran yang mengandung gula tinggi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Apabila dibiarkan, kondisi ini berpotensi menimbulkan penyakit diabetes. Untuk menghindari hal itu, ada baiknya untuk membatasi pola konsumsi Anda selama lebaran guna menjadi kadar gula darah agar tetap stabil.

Secara khusus, para penderita diabetes perlu memperhatikan berbagai jenis makanan dan minuman yang mengandung gula dan kalori. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati aneka hidangan yang disajikan saat hari lebaran tiba.

Baca Juga: WHO Pantau Varian Baru COVID-19 Arcturus

Hanya, Anda perlu lebih memperhatikan dan mengontrol apa saja yang Anda konsumsi, dengan tujuan agar kadar gula dalam darah tidak melonjak naik.

Berikut cara sehat menikmati hidangan lebaran untuk pengidap diabetes, seperti dilansir dari Bola.com:

1. Pilih Cara Pengolahan Santannya

Santan membuat hidangan ketupat menjadi makin gurih. Kandungan lauric acid dalam santan memiliki banyak manfaat, seperti antibakteri, antijamur, antivirus, dan antioksidan.

Dengan tidak terlalu lama memanaskan santan, akan mempertahankan manfaat ini. Termasuk tidak menggunakan perasan murni. Anda bisa menggunakan santan yang sedikit cair untuk pengidap diabetes.

Para peneliti mengatakan makanan apa pun yang mengalami pemanasan berulang pasti akan mengurangi nilai gizi bahkan dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

2. Seimbangkan dengan Sayur dan Buah-buahan

Menyeimbangkan konsumsi sayur dan buah dengan santapan Lebaran. Hal ini dilakukan agar kesehatan pengidap diabetes terjaga. Lebih baik lagi untuk mengonsumsi buah-buahan yang dapat menetralkan lemak.

Bisa dengan semangka, pepaya, nanas, pisang, apel, dan anggur. Sedangkan untuk sayur ada brokoli, bayam, wortel, bit, buncis, dan kale.

3. Menetapkan Jumlah Kalori yang Dimakan

Satu di antara syarat aman pengidap diabetes mengonsumsi ketupat, yakni menetapkan jumlah kalori yang dimakan. Jika sudah menikmati ketupat maka batasi konsumsi karbohidrat yang lain.

Begitu juga batasi konsumsi ketupatnya. Jangan sampai porsinya berlebihan, konsumsi secukupnya saja.

Baca Juga: Waspada Sub varian Baru COVID Muncul Jelang Lebaran, Ini Gejala Tak Biasanya

4. Hindari Daging Rendang

Daging rendang nikmat jika dimakan bersama ketupat. Hanya, daging merah harus dihindari pengidap diabetes. Bagi diabetesi, lebih baik konsumsi daging putih saja.

Boleh dengan ikan, ayam, dan makanan laut lain. Olahan daging ayam rendang bisa menjadi pilihan sehatnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga