Cara Hilangkan Noda Kunyit di Peralatan Masak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 16 Juni 2023
0 dilihat
Cara Hilangkan Noda Kunyit di Peralatan Masak
Noda kunyit biasanya melekat pada peralatan masak, namun Anda bisa mencoba beberapa cara untuk menghilangkannya. Foto: Kompascom

" Kunyit adalah salah satu bumbu yang sering dipakai dalam berbagai hidangan. Ketika memasak yang menggunakan kunyit seringkali noda bekas masak menempel "

KENDARI, TELISIK.ID - Kunyit adalah salah satu bumbu yang sering dipakai dalam berbagai hidangan. Ketika memasak yang menggunakan kunyit seringkali noda bekas masak menempel.

Noda kunyit akan melekat pekat dan semakin parah sehingga membuat kamu jadi tak bisa masak masakan lain karena warna kuningnya bisa mempengaruhi masakan. 

Berikut ini beberapa cara menghilangkan noda kunyit di peralatan dapur:

1. Gunakan gliserin

Mengutip Kompas.com, ambil dua cangkir air dan tambahkan seperempat cangkir gliserin dan seperempat cangkir sabun cuci piring. Ambil waslap dan tepuk campuran tersebut ke noda. Cuci bersih dengan air hangat setelah 15 menit. Ini akan menghilangkan semua warna yang ditinggalkan oleh kunyit.

Baca Juga: Tips Membuat Anak Suka Membaca Buku

2. Air perasan lemon

Sifat asam lemon membuatnya menjadi pembersih yang kuat. Campurkan dua bagian air hangat dengan satu bagian air perasan lemon dan rendam peralatan masak bernoda kunyit dalam larutan semalaman

Bersihkan seperti biasa keesokan paginya. Anda juga bisa menggunakan cuka putih sebagai pengganti air perasan lemon karena memiliki sifat asam yang sama.

3. Baking soda

Dilansir dari Idntimes.com, gunakan 1 sampai 2  sendok makan baking soda lalu campurkan dengan sedikit air. Langkah selanjutnya kamu bisa mengoles dan menggosokkan baking soda pada panci. Biarkan 5 sampain10 menit lalu gosok lagi, setelah itu bilas hingga bersih.

Jika belum bersih, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah merebus air di dalam panci dengan baking soda agar cepat hilang.

Baca Juga: Begini Cara Hilangkan Noda Karat di Rak Piring, Mudah dan Cepat

4. Tepung maizena

Jika noda kunyit melekat pada alat dapur seperti blender, kamu dapat menggunakan tepung maizena untuk membersihkannya. Taburkan pada bagian dalam blender secara merata.

Tepung tersebut akan menyerap kandungan minyak dan noda kunyit secara maksimal. Setelah itu tinggal menyingkirkan tepung dari dalam blender lalu mencuci blender seperti biasa. Noda kunyit yang menempel karena minyak, akan mudah hilang.

Selain blender, noda kuning yang menempel pada kain tentu akan dengan mudah meresap pada serat kain. Coba gosok alas meja dengan tepung maizena tepat di atas noda kuning, lalu cuci bersih alas meja dengan air hangat juga detergen. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeh Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga