Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mental

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 15 Juli 2023
0 dilihat
Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mental
Salah satu kebiasaan penting lainnya untuk meningkatkan kesehatan mental adalah meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri. Foto: Merdeka.com

" Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak hal dalam kehidupan yang bisa membuat kita merasa sedih stres setiap saat "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak hal dalam kehidupan yang bisa membuat kita merasa sedih stres setiap saat.

Entah itu karena pekerjaan, tanggung jawab keluarga,beban hidup, urusan pertemanan, dan sebagainya, semua itu bisa saja mengganggu.

Beberapa langkah sederhana bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan melakukan perubahan ini, maka dapat dipastikan hal ini memengaruhi semua aspek kehidupan.

Dengan menjaga kesehatan mental, maka Anda merasakan beberapa efeknya seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

Untuk Telisikers yang merasa mudah mengalami stres, sedih atau gangguan kecemasan, berikut ini beberapa hal sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan mental dikutip dari Halodoc.com dan kompas.com:

Baca Juga: Apakah Pria yang Dikebiri Tak Tertarik Berhubungan Seks? Ini Penjelasannya

1. Katakan hal positif pada diri sendiri 

Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis. 

2. Berlatihlah untuk bersyukur

Memupuk rasa syukur secara teratur adalah salah satu kebiasaan yang paling berdampak untuk dapat digunakan memperkaya hidup.

Banyak dari kita yang menjalani hari dengan autopilot, tidak berhenti untuk mengenali semua berkat yang ada di sekeliling kita. Dengan berlatih bersyukur, kita akan meningkatkan kehidupan dalam berbagai cara dan ada data yang mendukung hal itu.

3. Sering berolahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kebugaran fisik, tetapi juga dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan mental. Olahraga telah terbukti dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan rasa percaya diri, mengatasi depresi, dan meningkatkan kognisi secara keseluruhan.

Namun, olahraga lebih mudah diucapkan daripada dilakukan bagi banyak dari kita, terutama jika kita memulai dari nol dan mengembangkan kebiasaan ini dari awal.

4. Ciptakan batasan dengan teknologi

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak penelitian yang menginformasikan kepada kita tentang beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh media sosial dan teknologi yang berlebihan pada manusia.

Meskipun tidak semua teknologi itu buruk, penting membuat batasan untuk memiliki hubungan yang lebih sehat, serta meningkatkan kesehatan mental kita. Salah satu kebiasaan terbaik untuk kesehatan mental adalah berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

Ini berarti kita harus berhati-hati dalam memilih siapa yang kita ikuti, serta kapan dan bagaimana kita menggunakan ponsel.

Baca Juga: Ini Manfaat Air Beras untuk Wajah dan Rambut

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Salah satu kebiasaan penting lainnya untuk meningkatkan kesehatan mental adalah meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri. Jika kita adalah seseorang yang mengurus orang lain, hal ini bisa jadi sulit untuk dilakukan terutama pada musim-musim tertentu dalam hidup kita.

Namun, menjadikan perawatan diri sebagai bagian rutin dari daftar ini tidak hanya merupakan kebiasaan kesehatan mental yang positif, tetapi juga memungkinkan kita untuk mengisi bahan bakar sehingga kita dapat melanjutkan kewajiban saat ini tanpa kelelahan.

6. Terbukalah pada seseorang

Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kamu berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain, yang membuat kamu lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga