Ini Jumlah Langkah Kaki yang Bisa Sehatkan Jantung

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 05 Juli 2023
0 dilihat
Ini Jumlah Langkah Kaki yang Bisa Sehatkan Jantung
Beberapa pakar kesehatan menyarankan 10.000 langkah per hari, meski hal ini umumnya menjadi target yang kurang realistis bagi sebagian kalangan. Foto: Grid.id

" Berjalan kaki setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan "

KENDARI, TELISIK.ID - Berjalan kaki setiap hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan.

Meskipun sering kali diabaikan sebagai bentuk olahraga, nyatanya berjalan kaki bisa membantu meningkatkan kebugaran jasmiani, membakar kalori berlebih, dan membuat jantung lebih sehat.

Lalu, berapa jumlah langkah kaki agar jantung sehat? Dilansir dari Kompas.com dan hellosehat.com:

Beberapa pakar kesehatan menyarankan 10.000 langkah per hari meski hal ini umumnya menjadi target yang kurang realistis bagi sebagian kalangan. Dikutip dari National Institutes of Health, rata-rata orang Amerika mampu mendapatkan sekitar 4.000 hingga 5.000 langkah kaki per hari. 

Sementara itu, orang yang kurang aktif mungkin hanya meraih 2.000 langkah sehari atau bahkan lebih sedikit dari itu. Sebuah studi terbaru dalam JAMA Internal Medicine (2019) mencoba mengetahui berapa banyak langkah sehari yang diperlukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Baca Juga: Waktu Tidur yang Baik Bagi Kesehatan

Studi ini melibatkan hampir 17.000 wanita dengan usia rata-rata 72 tahun dengan mengukur jumlah langkah kaki per hari dan kecepatan dari langkah tersebut.

Menurut pedoman dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan yang didukung oleh American Heart Association (AHA), orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik moderat dalam seminggu.

Meskipun 150 menit aktivitas fisik mungkin terdengar seperti target yang tinggi, para ahli mengatakan bahwa kita bisa memecahnya menjadi beberapa hari dan kita dapat mencapai target tersebut dengan berjalan kaki sekitar 20 menit sehari.

Baca Juga: Ini Minuman dan Makanan yang Perlu Kamu Hindari Saat Flu

"Berjalan cepat akan membuat kita bergerak menuju tujuan tersebut," kata ketua sukarelawan komite penulisan pernyataan ilmiah dan seorang profesor di Departemen Kinesiologi di Towson University, Gerald Jerome, PhD, FAHA.

Seorang ahli jantung sekaligus direktur program ekokardiografi dan pencitraan jantung struktural di Stony Brook Heart Institute, Smadar Kort, MD, mengungkapkan, berjalan kaki dapat meningkatkan detak jantung, sehingga dapat memompa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke otot-otot kita.

Hal ini juga meningkatkan aliran darah dalam tubuh agar tekanan darah turun dan membuat jantung lebih kuat dari waktu ke waktu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga