Ini Manfaat Air Beras untuk Wajah dan Rambut

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 14 Juli 2023
0 dilihat
Ini Manfaat Air Beras untuk Wajah dan Rambut
Air cucian beras disebut-sebut memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satu kegunaan yang cukup banyak dibicarakan adalah untuk kesehatan rambut. Foto: Hellosehat.com

" Jika Anda memiliki air cucian beras, sebaiknya jangan dibuang. Air cucian beras mengandung nutrisi penting seperti vitamin B kompleks, asam amino, mineral, dan antioksidan, sangat berkhasiat untuk kehatan dan kecantikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika Anda memiliki air cucian beras, sebaiknya jangan dibuang. Air cucian beras mengandung nutrisi penting seperti vitamin B kompleks, asam amino, mineral, dan antioksidan, sangat berkhasiat untuk kehatan dan kecantikan.

Kandungan nutrisi dalam air cucian beras, membuatnya sangat populer sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut. Selain itu, air cucian beras juga digunakan dalam berbagai resep makanan dan minuman, serta digunakan dalam industri kosmetik dan farmasi seperti dikutip dari Liputan6.com.

Salah satu manfaat air cucian beras adalah menghilangkan jerawat dan komedo untuk wajah dan mengatasi rambut yang kering. Cucian beras kaya akan serat dan mengandung vitamin B kompleks, mineral seperti magnesium dan selenium, serta senyawa antioksidan seperti asam ferulat dan oryzanol.

Berikut manfaat air cucian beras bagi wajah dan rambut dikutip dari Liputan6.com dan Alodokter.com:

Baca Juga: Kebiasaan Ini Bikin Ketombe Sulit Hilang

1. Membersihkan kulit wajah

Air cucian beras merupakan air yang dihasilkan setelah beras dicuci dengan air bersih. Air cucian beras kaya akan nutrisi dan antioksidan, yang bisa membersihkan kulit wajah secara efektif. Selain itu, air cucian beras juga mengandung asam phytic yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Kandungan amilosa pada beras, akan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah, sehingga dapat membantu membersihkan kotoran dan debu pada kulit wajah yang sulit diangkat dengan sabun biasa.

2. Melembapkan kulit wajah

Manfaat air cucian beras yang mengandung banyak nutrisi dan antioksidan, berkhasiat untuk melembapkan kulit wajah. Nutrisi yang terkandung dalam air cucian beras seperti vitamin B kompleks, vitamin E, dan asam amino, dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah.

Selain itu, kandungan asam phytic pada beras juga dapat membantu mengurangi hilangnya air dari kulit wajah. Dengan melembapkan kulit wajah, air cucian beras dapat membantu menjaga kelembutan kulit wajah dan mengurangi risiko keriput pada kulit wajah.

3. Menghilangkan bintik hitam

Selain mencerahkan kulit, air beras juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Kandungan vitamin E dalam air beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, meski efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin E dalam air beras diketahui mampu menghambat proses penuaan dini.

5. Mengatasi jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati dalam air beras ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik. Meski begitu, efektivitasnya masih belum jelas dan masih dibutuhkan penelitian untuk memastikan manfaat ini.

6. Menjaga warna alami rambut

Manfaat air beras membuat warna alami rambut lebih pekat. Mengutip Hellosehat.com, studi terbitan Tissue Engineering and Regenerative Medicine (2019), manfaat air beras ini berasal dari kandungan mineral, seperti silikon, kalium, dan fosfor.

Mineral tersebut merangsang pembentukan melanin atau warna hitam alami pada rambut. Warna rambut yang hitam pekat ternyata bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan matahari.

Manfaat air beras untuk rambut ini berasal dari kandungan asam amino. Diketahui, asam amino merupakan senyawa yang penting untuk membentuk helai rambut sehat.

Baca Juga: Deretan Tanaman Herbal Bisa Perpanjang Umur

7. Memperkuat batang rambut

Selain itu, air beras mengandung jenis karbohidrat bernama inositol. Kandungan ini melapisi batang rambut sehingga lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

Air beras yang difermentasi juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan. Antioksidan bisa melindungi rambut dari paparan radikal bebas penyebab kerusakan.

8. Membuat rambut berkilau dan halus

Kandungan inositol dan asam amino pada air beras memberikan lapisan tambahan pada permukaan rambut. Hal ini membuat rambut bisa memantulkan cahaya sehingga tampak berkilau. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga