Catat, 5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Batuk Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 21 Oktober 2022
0 dilihat
Catat, 5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Batuk Anak
Untuk mengatasi batuk pada anak dapat diatasi dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan bahan alami. Foto: Repro theasianparent.com

" Salah satu penyakit yang rentan dialami anak-anak saat musim penghujan adalah batuk hingga demam. Hal ini pun harus diatasi agar anak bisa sehat setiap hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang rentan dialami anak-anak saat musim penghujan adalah batuk hingga demam. Hal ini pun harus diatasi agar anak bisa sehat setiap hari.

Dikutip halodoc.com, batuk merupakan tindakan refleks yang dilakukan untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau iritasi akibat benda asing. Namun, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan seseorang lebih sering untuk batuk.

Sebagian besar gejala akan hilang atau setidaknya membaik secara signifikan dalam waktu dua minggu.

Salah satu cara untuk mengatasi batuk pada anak adalah dengan mengkonsumsi obat media.

Baca Juga: 4 Bagian Tubuh Ini Baik Dikompres saat Anak Demam

Hanya saja, dikutip yoursay.id, setelah kabar beredarnya banyak obat-obatan yang berbahaya bila dikonsumsi anak tentu membuat para orang tua khawatir.

Menghadapi hal tersebut, sebaiknya orang tua tidak perlu cemas namun tetap harus mengambil langkah pengobatan yang tepat untuk batuk anak salah satunya dengan pengobatan alami.

Melansir hallodoc.com, berikut beberapa obat alami untuk mengatasi batuk yang menyerang anak:

1. Minuman hangat

Saat batuk, anak akan cenderung mengalami kekurangan cairan sehingga penting untuk orang tua untuk memenuhi cairan tubuh anak.

Cairan tersebut akan mengurangi lendir yang menyangkut di tenggorokan yang bisa membuat anak batuk. Ibu bisa memberikan air putih hangat, kaldu bening atau air teh hangat untuk menenangkan tenggorokan anak.

2. Madu

Madu memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Mengonsumsi madu saat batuk juga dapat meringankan batuk tersebut. Orang tua bisa membuat obat alami untuk batuk anak dengan mencampur dua sendok teh madu dengan air hangat serta lemon.

Madu sendiri akan membantu menenangkan tenggorokan sedangkan lemon akan membantu mengatasi hidung anak yang tersumbat.

3. Probiotik dari makanan

Pribiotik bisa ditemukan dalam kedelai, yogurt, kefir, kombucha dan tempe. Manfaat dari probiotik sendiri adalah mampu meredakan batuk dengan cara menyeimbangkan bakteri yang baik di dalam usus. Dengan keseimbangan tersebut, fungsi sistem imun dalam tubuh anak akan menjadi lebih baik.

4. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat di antaranya untuk meredakan batuk kering atau asma.

Baca Juga: Awas, 9 Kebiasaan Ini Ternyata Merusak Ginjal

Untuk mengatasi batuk anak, orang tua dapat menggunakan air rebusan jahe kemudian tambahkan sedikit madu atau susu untuk menambahkan rasa manis yang nyaman di lidah anak.

5. Air garam

Mencampurkan 1/4-1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih hangat dan menggunakannya untuk berkumur anak akan membantu meredakan tenggorokan gatal yang memicu batuk.

Namun, sebaiknya cara ini digunakan untuk anak yang berusia lebih dari 6 tahun, karena anak di bawah usia 6 tahun biasanya belum pandai dalam berkumur.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga