Ini Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Makan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 09 Agustus 2023
0 dilihat
Ini Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Makan
Aktivitas yang Anda lakukan setelah makan juga perlu diperhatikan, karena akan mempengaruhi cara tubuh berfungsi. Foto: Banksinarmas.com

" Mengonsumsi makanan sehat memang menunjang kebugaran dan membuat kita tetap berenergi. Namun, apa yang kita makan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mengonsumsi makanan sehat memang menunjang kebugaran dan membuat kita tetap berenergi. Namun, apa yang kita makan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Aktivitas yang Anda lakukan setelah makan juga perlu diperhatikan, karena akan mempengaruhi cara tubuh berfungsi.

Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang sebaiknya dihindari setelah makan, terutama pasca mengonsumsi makanan seperti dikutip dari Kompas.com dan Cnnindonesia.com:

1. Merokok

Merokok setelah makan bahayanya sama seperti mengonsumsi 10 rokok sekaligus. Kebiasaan yang dianggap lazim itu bisa meningkatkan risiko radang paru-paru dan tenggorokan, serta memicu kanker di perut.

Baca Juga: Mr. P Disunat Bikin Seks Lebih Nikmat, Ini Penjelasannya

2. Mandi

Ahli menyarankan tidak langsung mandi setelah makan. Mandi ketika perut dalam kondisi penuh, melemahkan sistem pencernaan dan mengganggu proses pencernaan. Akibatnya, tubuh akan sakit.

3. Menari

Kegiatan ini, di lain waktu mungkin bisa disamakan seperti membakar lemak. Tapi menari langsung setelah makan, seperti melakukan kegiatan ekstrem lainnya, akan mempersulit penyerapan nutrisi oleh usus.

4. Minum teh atau kopi

Pastikan Anda tidak minum teh atau kopi setelah makan. Teh atau kopi sebaiknya dikonsumsi setelah satu jam sesudah makan. Teh dan kopi mengandung senyawa fenolik yang bisa membatasi penyerapan zat besi dengan membentuk kompleks besi di lapisan usus lambung. Jika Anda memiliki defisiensi zat besi, Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi teh atau kopi usai makan.

Baca Juga: Metode Diet Viral Ice Hack Diet, Kenali Manfaat dan Risikonya

5. Tidur Setelah makan

Kita memang sering merasakan kantuk. Namun jika kantuk tersebut tidak kita lawan, efeknya sangat fatal untuk kesehatan. Sebab, tidur setelah makan bisa membuat cairan pencernaan yang dihasilkan lambung naik dan memicu heartburn atau asam lambung.

6. Olahraga

Mungkin banyak dari kita berpikir bahwa olahraga setelah makan akan mempercepat proses pembakaran lemak. Jadi, apa yang kita makan tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan. Sayangnya, pemikiran semacam itu justru berdampak buruk untuk kesehatan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Soleha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga