3 Langkah Mudah Agar Lebih Produktif di Tahun Baru

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 01 Januari 2023
0 dilihat
3 Langkah Mudah Agar Lebih Produktif di Tahun Baru
Produktif adalah kegiatan yang tujuan utamanya bisa memberikan sebuah keuntungan, baik itu untuk diri sendiri atau pun orang lain. Foto: Repro goggle.com

" Salah satu kebiasaan yang dilakukan ketika memasuki tahun baru adalah membuat resolusi agar lebih produktif lagi dalam menghasilkan suatu target hidup. Namun, hanya segelintir yang berhasil merealisasikan resolusinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan yang dilakukan ketika memasuki tahun baru adalah membuat resolusi agar lebih produktif lagi dalam menghasilkan suatu target hidup. Namun, hanya segelintir yang berhasil merealisasikan resolusinya.

Pada umumnya, dikutip dari liputan6.com, produktif merupakan kegiatan yang orientasinya pada hasil atau manfaat. Produktif adalah kegiatan yang tujuan utamanya bisa memberikan sebuah keuntungan, baik itu untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Jika melihat arti dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian produktif adalah bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar). Untuk bisa produktif ada langkah tertentu yagn harus dilakukan.

Baca Juga: 4 Langkah Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan

Melansir kompas.com, berikut beberapa langkah awal yang bisa kita mulai untuk meningkatkan kembali produktivitas di awal tahun:

1. Membuat Prioritas

Kamu mungkin punya puluhan hal untuk dilakukan. Nah, cobalah untuk memangkasnya menjadi setengah dari itu, kemudian lakukan kembali.

Kamu mungkin akan menyadari bahwa daftar pekerjaanmu tersebut sebetulnya tak berguna dan bisa dikurangi. Dengan begitu, menentukan prioritas kerja membuat kita mampu menyelesaikan tugas tersebut lebih cepat, sehingga siap mengerjakan tugas lainnya.

2. Jadwal bermedia sosial

Mengatur jadwal bermedia sosial tidak hanya untuk introvert. Bahkan, merencanakan waktu konkret untuk bermedia sosial dapat menghentikan waktu yang selama ini terbuang.

Mendedikasikan hanya beberapa menit, misalnya 30 menit setiap hari untuk membuka media sosial juga bisa membantu kita lebih produktif dalam bekerja.

Baca Juga: Tiga Posisi Seks yang Dilarang Dalam Islam

3. Mematikan notifikasi

Kita terbiasa untuk menyalakan notifikasi di ponsel kita. Namun, notifikasi kini menjadi lebih agresif dan getaran di saku seringkali tidak bisa dibedakan, antara keperluan pekerjaan yang mendesak atau sekadar pengingat diskon makan di kafe terdekat.

Demi produktivitas, matikan semua notifikasimu. Kamu bisa membuat pengecualian, misalnya hanya untuk panggilan telepon atau pesan teks dari atasanmu.

Nah, itulah beberapa langkah sederhana untuk produktif di awal tahun dan hari-hari selanjutnya. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga