Cegah DBD Warga Binaan, Dinkes Fogging Rutan Unaaha

Aris Syam, telisik indonesia
Kamis, 17 Februari 2022
0 dilihat
Cegah DBD Warga Binaan, Dinkes Fogging Rutan Unaaha
Suasana kegiatan pengasapan (fogging) di kamar hunian Rutan Kelas IIB Unaaha. Foto: Ist.

" Memasuki musim penghujan yang sering terjadi di Konawe, membuat kewaspadaan terhadap serangan nyamuk menjadi sangat penting "

KONAWE.TELISIK.ID - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Unaaha melakukan pengasapan (Fogging) untuk mencegah berkembangnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang bisa menjangkiti warga binaan.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Supriono menjelaskan, memasuki musim penghujan yang sering terjadi di Konawe, membuat kewaspadaan terhadap serangan nyamuk  menjadi sangat penting. Dikarenakan kondisi blok hunian menjadi lembab yang  memungkinkan populasi nyamuk bertambah.

"Bahkan genangan air juga dapat membuat nyamuk lebih cepat berkembang biak," katanya, Kamis (17/2/2022).

Lebih lanjut, kata Supriono, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak Rutan berkerja sama dengan petugas dari Dinas Kesehatan Konawe melakukan pengasapan (fogging) untuk mengantisipasi wabah DBD.

"Ini merupakan langka tepat dalam melindungi dan menjaga kesehatan WBP beserta pegawai kita," imbaunya.

Baca Juga: Telan Anggaran Rp 1,5 Miliar, Baru 4 Bulan, Jalan Kontu-Wakorambu Sudah Rusak

Sementara itu Kepala Rutan Unaaha, Herianto menuturkan, Rutan merupakan salah satu lokasi yang memiliki risiko tinggi penyebaran penyakit demam berdarah. Karena itu dilakukan fogging di sekitar Rutan.

Dengan kondisi ini, lanjut Herianto, maka selain pandemi COVID-19 yang sudah melanda negeri ini dari tahun lalu, DBD juga menjadi salah satu ancaman di musim penghujan.

Baca Juga: Upaya Melawan Stunting di Konsel

"Antisipasi lain untuk memutus mata rantai penyebaran DBD, juga dilakukan kegiatan selalu membersihkan kamar hunian, menguras bak penampungan air serta membersihkan air yang tergenang sehingga penyebaran nyamuk dapat diminimalisir," ungkapnya.

Selain fogging, lanjut Herianto, pihaknya juga selalu melakukan pengawasan serta pengecekan secara rutin di kamar hunian untuk selalu menjaga kebersihan kamar dan blok hunian agar seluruh warga binaan terhindar dari penyakit. Serta akan selalu siap 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan.

“Saya mengimbau kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk selalu memperhatikan serta meningkatkan  kebersihan blok hunian serta kamar hunian agar kita semua bebas dari penyakit DBD,” tegasnya. (B)

Reporter: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga