Cegah Kejahatan pada Anak, SMAN 1 Batauga Buton Selatan Gandeng Polisi Beri Penyuluhan Hukum

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Rabu, 26 Juli 2023
0 dilihat
Cegah Kejahatan pada Anak, SMAN 1 Batauga Buton Selatan Gandeng Polisi Beri Penyuluhan Hukum
Kegiatan penyuluhan hukum bagi pelajar SMAN 1 Batauga, Buton Selatan oleh Polsek Batauga. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Satuan Pendidikan, SMAN 1 Batauga, Buton Selatan bekerja sama dengan Polsek Batauga, dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para siswa tentang isu keamanan dan pentingnya kepatuhan terhadap hukum "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Satuan Pendidikan, SMAN 1 Batauga, Buton Selatan bekerja sama dengan Polsek Batauga, dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para siswa tentang isu keamanan dan pentingnya kepatuhan terhadap hukum.

Kolaborasi itu ditandai dengan rangkaian kegiatan sosialisasi dan edukasi yang digelar di lingkungan sekolah.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi itu, merupakan bagian dari program sekolah untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang bahaya dan dampak negatif dari perilaku yang melanggar hukum, seperti tindak kekerasan, dan perilaku menyimpang lainnya.

Kepala SMAN 1 Batauga, La Dati menyatakan, kesadaran akan pentingnya peran edukasi dalam membentuk generasi muda yang sadar hukum dan memiliki pemahaman yang baik tentang tanggung jawab sosial.

Baca Juga: Mengenal Batu Popaua: Tempat Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Raja dan Sultan Buton

“Kegiatan penyuluhan hukum adalah salah satu langkah preverntif dan insiatif kami untuk menghindari berbagai tindakan kejahatan yang terjadi di satuan pendidikan, khususnya di SMAN 1 Batauga,” ucap La Dati, Rabu (26/7/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula SMAN 1 Batauga. Berbagai materi edukatif disampaikan oleh pihak Polsek Batauga, terkhusus tentang perkara anak dalam hal pidana.

Seluruh informasi itu disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh para siswa, agar pesan tersebut dapat tersampaikan dan dimengerti dengan baik.

Anggota Polsek Batauga, Brigpol Salim mengatakan, kegiatan penyuluhan hukum tidak hanya memberi edukasi dan pembelajaran terkait bentuk kejahatan terhadap anak, namun sebagai upaya tegas untuk mengingatkan generasi muda terkait dampak dari tindak kejahatan, di mana hal tersebut diatur dalam perundang-undangan.

“Kami berupaya agar kegiatan ini dapat menjadi salah satu langkah agar korban maupun pelaku terkait penganiayaan pada anak, tekhusus di lingkungan sekolah dapat terminimalisir,” ucap Brigpol Salim.

Baca Juga: Lomba Panjat Pinang Warnai Semarak HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan

Seorang siswi yang juga peserta, Sofia mengaku baru pertama kali memgikuti sosialisasi hukum tersebut. Ia mengaku, materi yang diberikan bagus karena jarang didapat dalam pemebelajaran di sekolah.

"Jadi bisa menambah wawasan kita juga, khususnya tentang hukum," beber Sofia, salah seorang siswi kelas 10.

Diharapkan, kerjasama antara SMAN 1 Batauga dan Polsek Batauga itu akan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya, untuk melibatkan aparat kepolisian dalam upaya memberikan edukasi dan sosialisasi yang lebih menyeluruh kepada para pelajar, guna menciptakan generasi yang berakhlak mulia dan memiliki kesadaran hukum yang tinggi. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga