Lomba Panjat Pinang Warnai Semarak HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Lomba Panjat Pinang Warnai Semarak HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan
Masyarakat Buton Selatan antusias meriahkan lomba panjat pinang, rangkaian HUT ke-9 Buton Selatan. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Peringatan hari jadi ke-9 Kabupaten Buton Selatan, merupakan momentum yang tak terlupakan dan akan selalu dinantikan oleh masyarakat "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Peringatan hari jadi ke-9 Kabupaten Buton Selatan, merupakan momentum yang tak terlupakan dan akan selalu dinantikan oleh masyarakat.

Rangkaian acara tersebut dimulai dengan upacara peringatan HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan yang digelar meriah di lapangan Lakarada, salah satu acara yang paling ditunggu adalah tradisi panjat pinang yang berhasil menyedot perhatian warga setempat.

Ribuan warga dari berbagai kalangan tampak berbondong-bondong berkumpul di lapangan Lakarada, untuk menyaksikan dan turut berpartisipasi dalam lomba panjat pinang.

Panjat pinang adalah tradisi khas Indonesia yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Lomba panjat pinang ini tidak hanya menyajikan keseruan dan tantangan bagi peserta, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan persaudaraan di antara masyarakat.

Baca Juga: Karnaval Budaya Meriahkan Perayaan HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan

Dalam suasana penuh semangat dan keceriaan, panitia menyediakan beberapa tiang pinang yang tingginya bervariasi untuk para peserta. Tiang-tiang pinang itu pun dilumuri oleh berbagai macam hadiah menarik yang ditulis pada selembaran kertas.

Adapun jenis hadiah yang ditawarkan di antaranya uang tunai, sembako, elektronik dan beberapa hadiah menarik lainnnya yang membuat setiap peserta semakin bersemangat untuk meraihnya.

“Lomba panjat pinang ini bukan hanya sekadar permainan, tapi juga mengandung makna tentang semangat perjuangan dan kebersamaan dalam memeriahkan HUT Buton Selatan,” beber Syamsuddin, selaku panitia pelaksana, Minggu (23/7/2023).

Lomba dimulai dengan sorak-sorai riuh yang memenuhi lapangan. Ribuan mata menatap tinggi tiang pinang, setiap peserta bertekad untuk mencapai puncak dan merebut hadiah-hadiah menarik yang tergantung di puncak tiang pinang tersebut.

“Ternyata, untuk mencapai puncak tiang pinangnya susah sekali. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi dalam tim untuk mengatasi tantangan supaya bisa dapat hadiahnya,” beber salah seorang peserta panjat pinang, Rafi (16).

Tak hanya peserta muda dan dewasa yang antusias mengikuti lomba, anak-anak pun turut berpartisipasi. Beberapa di antaranya terlihat berjalan dengan penuh semangat setelah berhasil mencapai puncak tiang pinang dan membawa pulang hadiah.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam Pemda Buton Selatan Gelar Istighasah

Idan, salah seorang bocah kecil yang tinggal di Kelurahan Laompo mengungkapkan kegembiraannya, saat berhasil membawa pulang hadiah yang sudah diraih dengan penuh semangat dan kerja keras.

“Senang sekali, akhirnya saya bisa bawa pulang kipas angin,” bebernya singkat kepada Telisik.id.

Lomba panjat pinang menjadi salah satu momen paling dinanti di setiap perayaan HUT ke-9 Kabupaten Buton Selatan. Acara itu menjadi cermin semangat kebersamaan dan persatuan masyarakat dalam menjalani setiap tantangan kehidupan.

Dengan semarak perayaan dan antusiasme yang tinggi, kabupaten ini semakin menunjukkan potensi dan daya tariknya sebagai tujuan wisata budaya yang menarik. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga