Cegah Narkoba Secara Dini, Pemda Kolaka Timur Sosialisasi P4GN

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 17 Oktober 2022
0 dilihat
Cegah Narkoba Secara Dini, Pemda Kolaka Timur Sosialisasi P4GN
Kegiatan Sosialisasi P4GN di SMA 1 Uluiwoi, dalam kegiatan Gemas yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur. Foto : Ist

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), mengelar kegiatan sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di tingkat sekolah "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), mengelar kegiatan sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di tingkat sekolah, Jumat (14/10/2022) lalu.

Dalam rangka gerakan membangun dan melayani masyarakat (Gemas) yang di hadiri Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Aziz SH, didampingi Asisten 2, Ka. Bappeda, Plt Kaban. Kesbangpol, Camat, Kapolsek serta Kepala OPD Lainnya.

Abdul Azis menuturkan, kegiatan sosialisasi narkoba ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para siswa terkait bahaya penyalahgunaan narkoba.

Baca Juga: Kenalkan Lingkungan Pesisir, Mahasiswa Baru UHO Diajar Rehabilitasi Mangrove

"Pencegahan narkoba di kalangan dunia pendidikan harus terus kita tingkatkan, sehingga generasi emas yang lahir di Kecamatan Uluiwoi pada khususnya, bisa muncul kembali,” ucapnya.

Ia juga berharap kepada siswa-siswi, agar bersungguh-sungguh, serta bercita-cita tinggi dan tak pesimis dalam dalam hidup.

Kegiatan Sosialisasi P4GN di SMA 1 Uluiwoi, dalam kegiatan Gemas yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur.  Foto : Ist

 

"Jadi besar harapan kita suatu saat lahir pemimpin-pemimpin muda di masa depan dari Kecamatan Uesi dan Uluiwoi yang berprestasi dan jauh dari narkoba," ucapnya.

Maka dari itu sosialisasi dan pemahaman bahaya narkoba bagi peserta didik sangat penting, karena dengan begitu para siswa dapat memiliki pemahaman yang sama, yaitu penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tidak boleh dilakukan, karena dapat menimbulkan masalah dan efek negatif yang besar.

Permasalahan yang timbul dalam penyalahgunaan narkoba yaitu daya rusak (Merusak otak yang tidak ada jaminan sembuh). Maka dari itu, diperlukan sinergitas antar stakeholder agar permasalahan sosial penyalahgunaan narkoba dapat diatasi bersama.

Tempat yang sama, Plt Kaban Kesbangpol Kolaka Timur, Subhan J. Sultan menuturkan, kegiatan edukasi dan sosialisasi P4GN ini adalah kegiatan yang menjadi bagian dari giat Gemas Kolaka Timur.

Baca Juga: Ridwan Bae Tak Ingin Seperti Kandidat Cagub Sulawesi Tenggara Lain, Bagi-bagi Uang dan Beras

Ia juga menuturkan kegiatan, pelayanan edukasi ini dilaksanakan dengan konsep  kekinian. Selain memberikan edukasi terkait bahaya narkoba, juga melaksanakan lomba konten TikTok anti narkoba bagi peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Kemudian dilanjutkan dengan pelayanan tes skrining narkoba bagi peserta dan Alhamdulillah di dua kecamatan Uesi dan Uluiwoi secara umum, tidak ditemukan adanya siswa yang menggunakan narkoba," tambahnya.

Sementara keterangan dari salah satu siswa di SMA 1 Uluiwoi, Ika sangat berterima kasih kepada Plt bupati dan semua jajarannya yang telah memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba dan pencegahannya.

"Semoga kami tidak terjerumus dengan hal-hal yang bersangkutan dengan narkoba," ucapnya. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga