Cegah Penyebaran COVID-19 dengan Meningkatkan Ketahanan Keluarga

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Sabtu, 12 September 2020
0 dilihat
Cegah Penyebaran COVID-19 dengan Meningkatkan Ketahanan Keluarga
Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo menyoal pentingnya mencegah penularan COVID-19 dengan memulihkan dan memperkuat ketahanan keluarga. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Salah satu cara untuk memperkuat ketahanan keluarga adalah meningkatkan asah, asih dan asuh. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Memasuki masa kebiasaan baru, setiap perilaku anggota keluarga harus dapat beradaptasi untuk mencegah penularan COVID-19.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengatakan, untuk mencegah penularan tersebut diperlukan upaya untuk memulihkan dan memperkuat ketahanan keluarga.

"Salah satu cara untuk memperkuat ketahanan keluarga adalah meningkatkan asah, asih dan asuh," kata Hasto menyinggung soal pencegahan COVID-19 berbasis keluarga di Kampung Flory Beran, Tridadi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (12/9/2020) .

Peningkatan asah, asih dan asuh dalam keluarga, menurut Hasto, sebagai cerminan dari delapan fungsi keluarga.

"Sehingga terwujud keluarga berkualitas yang ditandai dengan tentram, bahagia dan mandiri," tandasnya.

Bagi Hasto, dalam masa pandemi COVID-19, upaya anggota keluarga untuk dapat beradaptasi secara aktif dalam upaya pemutusan COVID-19 sangat penting.

Baca juga: DLH Muna Dapat Tambahan Alat Pengolahan Sampah

Dikatakannya, keluarga merupakan unit sosial tak tergantikan dan lokus utama kehidupan individu.

"Bahkan, keluarga menjadi ujung tombak dalam upaya pendidikan baik formal maupun informal dalam masa pandemi COVID-19," papar Hasto.

Senada dengan Hasto, Bupati Sleman, Sri Purnomo menegaskan, pentingnya ketahanan keluarga dalam memutus penyebaran COVID-19.

Kata Sri Purnomo, komunikasi yang baik dalam keluarga perlu dibangun untuk saling menjaga dan memberikan pemahaman mengenai bahaya dan langkah antisipasi penanganan pandemi COVID-19 ini.

"Saya berharap melalui keluarga, upaya edukasi mengenai protokol kesehatan yang diterapkan sebagai kebiasaan baru dapat ditanamkan pada setiap individu dalam keluarga," kata Sri Purnomo, yang sangat mendukung adanya pencegahan COVID-19 berbasis keluarga.

Bagi Sri Purnomo, hal itu dapat memberikan pemahaman bagi generasi muda dan masyarakat akan pentingnya ketahanan keluarga dalam memutus penyebaran COVID-19.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga