Cegah PMK, Pemkab Malang Diminta Segera Distribusikan 3 Juta Vaksin Ternak

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 10 Juni 2022
0 dilihat
Cegah PMK, Pemkab Malang Diminta Segera Distribusikan 3 Juta Vaksin Ternak
Sapi ternak di Malang siap disuntik vaksin jelang Hari Raya Idul Adha 2022. Foto: Ist

" Anggota komisi B DPRD Jawa Timur Agusdono Wibawanto berharap Pemkab Malang segera mendistribusikan vaksin ternak yang telah disiapkan untuk mengantisipasi meluasnya penyakit mulut kuku (PMK) jelang Idul Adha "

SURABAYA, TELISIK.ID - Anggota komisi B DPRD Jawa Timur Agusdono Wibawanto berharap Pemkab Malang segera mendistribusikan vaksin ternak yang telah disiapkan untuk mengantisipasi meluasnya penyakit mulut kuku (PMK) jelang Idul Adha.

“Pemkab Malang menyiapkan 3 juta vaksin untuk ternak. Kalau memang sudah ada, secepatnya harus didistribusikan ke peternak,” ucapnya, Jumat (10/6/2022).

Politisi Demokrat ini mengatakan pihaknya berharap langkah cepat dari pemerintah untuk segera mengatasi PMK tersebut.

"Jangan sampai menjadi pandemi seperti Covid-19 karena sangat bahaya sekali. Membutuhkan anggaran besar jika ada pandemi dan bisa jadi mengganggu perekonomian Jawa Timur,” jelasnya.

Dibeberkan oleh Agusdono, perlu ada sinergi yang cepat agar PMK ini bisa diatasi, terlebih di kabupaten Malang terlebih jelang Idul Adha

Baca Juga: Kafilah Konawe Selatan Ikut Training Center Jelang MTQ Tingkat Provinsi

"Idul Adha adalah hari raya nya peternak sehingga harus dipastikan ternak qurban yang dijual juga kesehatannya dijamin,” jelasnya.

Sekedar diketahui, Wakil Bupati Malang Didik Gatot telah menyiapkan 3 juta vaksin yang disiapkan dengan target selesai disuntikkan pada Juli 2022 nanti.

Menurut Gatot, target Juli ke depan 3 juta vaksin untuk tahap pertama harus sudah selesai disuntikkan pada ternak yang terjangkit penyakit PMK ini.

Dikatakan oleh Gatot juga, Pemkab Malang juga  menyiapkan bantuan khusus langsung tunai dalam bentuk sembako pada peternak yang terdampak PMK.

Baca Juga: Jokowi Dukung Deklarasi Pariwisata Bangkit dan Beyond Wakatobi

Sedangkan dari data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Malang diketahui sebagian besar penyakit PMK menyerang ternak yang berada di Malang barat, seperti Kecamatan Pujon Ngantang dan Kasembon dengan jumlah hampir 280 ternak.

Sementara yang terbanyak suspek PKM ini berada di wilayah Ngantang hampir 200 ekor, sisanya ada di beberapa wilayah lain di Kabupaten Malang. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Musdar

Baca Juga