Cegah Stunting Sejak Dini, Sasar Catin hingga Balita lewat Program Intervensi Serentak

Siti Nabila, telisik indonesia
Rabu, 12 Juni 2024
0 dilihat
Cegah Stunting Sejak Dini, Sasar Catin hingga Balita lewat Program Intervensi Serentak
Foto bersama peserta Mini Lokakarya Lintas Sektor Puskesmas Kandai di kantor Camat Kandai. Foto: Siti Nabila/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari meluncurkan program intervensi serentak untuk pencegahan stunting di setiap Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di seluruh Kota kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari meluncurkan program intervensi serentak untuk pencegahan stunting di setiap Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di seluruh Kota kendari.

Program ini mencakup kegiatan mulai dari penyuluhan gizi, pemberian makanan tambahan, hingga monitoring pertumbuhan balita secara rutin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang serta memastikan bahwa setiap anak mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan optimalnya.

Mini lokakarya lintas sektor UPTD Puskesmas Kandai di kantor Camat Kendari. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

Camat Kendari, Maluadi Poto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program ini dilakukan sebagai bentuk kepekaan terhadap masalah stunting yang masih menjadi perhatian serius di Indonesia utamanya di Kota Kendari. Dia juga menyatakan komitmennya untuk memastikan keberhasilan program ini.

Peserta kegiatan Intervensi Serentak Cegah Stunting di aula kantor Camat Kendari. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

"Kami berharap dengan adanya program intervensi serentak ini, angka stunting di Kota Kendari dapat ditekan secara signifikan. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan stakeholder terkait akan menjadi kunci keberhasilan dalam upaya pencegahan stunting ini,” ujarnya, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Gelar Bazar Pangan Murah di 30 Titik, Pemkot Kendari Optimis Perangi Inflasi

Dalam upaya menjalankan program ini dengan efektif, Pemerintah Kota Kendari juga telah melibatkan berbagai pihak, untuk mendukung penyediaan sumber daya dan dukungan finansial. Selain itu, para petugas kesehatan di setiap posyandu juga telah dilatih secara khusus untuk memberikan layanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Peserta kegiatan Intervensi Serentak Cegah Stunting di aula kantor Camat Kendari. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

Titi Widayanti perwakilan BLUD UPTD Puskesmas Kandai, Kota Kendari, mengatakan, partisipasi masyarakat dalam menjalankan program ini sangatlah penting dan berharap dengan kerja sama yang solid antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan dapat terwujud generasi masa depan yang lebih sehat dan tangguh di Kota Kendari.

Baca Juga: Penyerapan APBD Baru 40 Persen, Pemkot Kendari Dorong Optimalisasi

"Program ini dilakukan cukup dengan membawa anak-anak ke posyandu untuk mendapatkan layanan kesehatan dan gizi yang diperlukan, begitu juga berlaku dengan calon pengantin (catin) yang merupakan calon ibu, jadi mulai sejak dini perlu diperhatikan kesehatannya," ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Camat Kendari dan dihadiri pihak kecamatan, Danramil 1417, Kepala KUA, Kapolsek Kandai, lurah, Ketua TP PKK Kecamatan Kendari, Kepala UPTD KB, Kepala UPTD Capil, Puskesmas Kandai, pendamping keluarga dan kader Posyandu. (B-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga