Dishub Sulawesi Tenggara Intens Sinergi Lintas Sektor

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 01 Juni 2023
0 dilihat
Dishub Sulawesi Tenggara Intens Sinergi Lintas Sektor
Pengguna transpotasi laut antre untuk naik ke atas kapal. Foto: Dok. Telisik

" Untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam perjalanan, pihak Dishub melakukan beberapa langkah jelang Ramadan dan libur Lebaran Idul Fitri "

KENDARI, TELISIK.ID – Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara dalam mengatur arus lalu lintas agar tetap lancar, adalah dengan intensif melakukan koordinasi lintas sektor.

Koordinasi lintas sektor ini sudah menjadi agenda rutin dilakukan, namun intens dilakukan ketika jumlah pengguna moda transportasi baik darat maupun laut mengalami peningkatan, seperti saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran Idul Fitri.

Koordinasi ini melibatkan berbagai instansi terkait seperti kepolisian, Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), pihak keamanan serta pihak terkait lainnya.

Antrean di pelabuhan penyeberangan Tampo-Torobulu dipadati penumpang hingga keluar jalur antrean. Foto: Dok. Telisik

 

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Fasikin mengatakan, saling berkoordinasi dengan pihak terkait ini tidak hanya dilakukan saat menjelang Lebaran saja, tapi juga di hari-hari lainnya ketika terjadi peningkatan jumlah penumpang.

“Saat terjadi peningkatan ini kita akan membahas persiapan posko mudik,  armada penyeberangan untuk ditambah dan pemeriksaan kendaraan juga kita lakukan,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Baca Juga: Sinergitas TNI/Polri di Muna Beri Kenyamanan Pemudik

Intensitas koordinasi lintas sentor ini paling sering dilakukan saat menjelang hari raya Idul Fitri. Dimana terjadi kepadatan jumlah pengguna moda transportasi baik darat, laut, maupun udara.

Maka untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam perjalanan, pihak Dishub melakukan beberapa langkah jelang Ramadan dan libur lebaran Idul Fitri.

Kepala Dishub Sulawesi Tenggara, Muhammad Rajulan mengatakan, saling berkoordinasi ini sudah rutin dilakukan sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, sebab terjadi konsentrasi tinggi dari pengguna angkutan darat, laut maupun udara saat memasuki Ramadan dan libur Lebaran.

“Kami telah melakukan koordinasi. Namun hanya untuk angkutan laut dan darat saja. Sebab untuk angkutan udara sudah ditangani Direktorat Jenderal Perhubungan Udara,” katanya kepada awak media, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga: Ribuan Orang Mudik Melalui Pelabuhan Penyeberangan Lintas Tobaku-Siwa Kolaka Utara

Untuk armada laut, tambah dia, pihaknya berkoordinasi dengan ASDP, serta KSOP dan pihak keamanan. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik.

Sedangkan untuk angkutan darat pihaknya berkoordinasi dengan Perum Damri dan pengusaha angkutan lainnya. Baik angkutan dalam kota maupun angkutan antar kabupaten.

Dengan koordinasi lintas sektor yang masif, Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara optimis dapat menjaga kelancaran arus lalu lintas dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat selama libur Lebaran 2023. Masyarakat juga diharapkan dapat mengikuti aturan dan protokol yang telah ditetapkan guna menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman selama libur Lebaran. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga