Cek Harga Pangan Jelang Ramadan di Kota Kendari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 15 Maret 2023
0 dilihat
Cek Harga Pangan Jelang Ramadan di Kota Kendari
Harga pangan naik jelang ramadan di pasar PKL, Jalan Lawata, Kendari. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Harga pangan menjelang ramadan di Kota Kendari mengalami fluktuasi. Beberapa komoditas terpantau naik, selain karena disebabkan permintaan yang tinggi juga stok pasokan yang menipis "

KENDARI, TELISIK.ID - Harga pangan menjelang ramadan di Kota Kendari mengalami fluktuasi. Beberapa komoditas terpantau naik, selain karena disebabkan permintaan yang tinggi juga stok pasokan yang menipis.

Namun ada juga komoditas yang tampak stabil bahkan tak mengalami perubahan harga. Hal itu diketahui saat Telisik.id mengunjungi dua pasar di Kota Kendari, yaitu pasar Mandonga di Jalan Lasandara dan pasar PKL di Jalan Lawata.

Harga komoditas yang paling tinggi naiknya saat ini adalah beras, harganya masih melambung di harga Rp12.500 per liter di pasar PKL, dari sebelumnya Rp12.000 per liter, sedangkan di pasar Mandonga harganya Rp11.000 per liter.

Baca Juga: Menanti Tersangka Baru Dugaan Suap Ridwansyah Taridala, Bagaimana Nasib Eks Wali Kota Kendari?

Menurut salah seorang pedagang, Syahril mengatakan, pasokan yang menipis jadi alasan kenaikan harga beras. Namun ia memprediksi harganya akan kembali normal pada April karena ada pasokan baru dari Makassar.

Selain itu cabai juga jadi pangan paling melambung harganya, baik itu cabai rawit juga cabai keriting. Di pasar Mandonga, cabai rawit saat ini dipatok seharga Rp60.000 per kilogram, sedangkan cabai besar dan cabai keriting Rp50.000 per kilogram.

Tak jauh beda, di pasar PKL harga cabai rawit ditaksir Rp70.000 per kilogram, sementara cabai keriting dan cabai besar harganya Rp60.000 per kilogram, dari sebelumnya hanya berkisar Rp50.000 per kilogram.

Harga bawang putih kini sedikit naik menjadi Rp40.000 per kilogram di kedua pasar, dari yang sebelumnya hanya dipatok Rp30.000-Rp35.000 per kilogram. Sementara bawang merah harganya stabil di angka Rp40.000 per kilogram.

Sementara harga telur juga mengalami kenaikan dari Rp55.000 menjadi Rp60.000.

"Karena mau puasa juga, stoknya sama saja," jelas Herman, salah seorang pedagang telur.

Dari komoditas sayuran, yang sedang melonjak harganya saat ini adalah kentang dan wortel.

Baca Juga: Tenun Masalili Muna Kembali Raih Juara 1 Lomba Pameran Mini UP2K PKK

Di pasar PKL harga kentang mencapai Rp25.000-Rp28.000 per kilogram, sementara di pasar Mandonga Rp25.000 per kilogram, dari hanya Rp20.000 per kilogram.

Untuk wortel di pasar PKL bisa mencapai Rp24.000 per kilogram dari sebelumnya Rp15.000 per kilogram. Sementara di pasar Mandonga harganya tetap tanpa kenaikan di Rp20.000 per kilogram.

Seorang pedagang sayur, Mardian mengatakan, kenaikan tersebut akibat dari berkurangnya stok karena cuaca buruk dan banjir yang pernah melanda Makassar sebagai sumber pemasok. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga