China Siap Bangun Bulan Buatan untuk Eksperimen Gravitasi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 17 Januari 2022
0 dilihat
China Siap Bangun Bulan Buatan untuk Eksperimen Gravitasi
Cina dan proyek bulan buatannya. Foto: Repro dailymail.co.uk/Getty Image

" Dengan penelitian Bulan buatan itu akan memungkinkan mereka untuk menyimulasikan lingkungan gravitasi rendah menggunakan magnet "

BEIJING, TELISIK.ID - Setelah sebelumnya membuat Matahari buatan, kini ilmuwan China bakal membangun fasilitas penelitian Bulan buatan.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, dengan adanya fasilitas penelitian Bulan buatan itu akan memungkinkan mereka untuk menyimulasikan lingkungan gravitasi rendah menggunakan magnet.

Fasilitas itu yang dijadwalkan untuk peluncuran resmi tahun ini, akan menggunakan medan magnet yang kuat di dalam ruang vakum berdiameter 2 kaki (60 sentimeter) untuk membuat gravitasi "menghilang."

Para ilmuwan terinspirasi oleh percobaan sebelumnya yang menggunakan magnet untuk katak melayang.

Kepada South China Morning Post, seorang insinyur geoteknik di Universitas Pertambangan dan Teknologi China, Li Ruilin, mengatakan bahwa ruangan itu, yang akan diisi dengan batu dan debu untuk meniru permukaan bulan.

Langkah ini diklaim menjadi pertama dari jenisnya di dunia dan itu bisa mempertahankan kondisi gravitasi rendah seperti itu untuk "selama yang Anda inginkan."

Para ilmuwan berencana menggunakan fasilitas itu untuk menguji teknologi di lingkungan gravitasi rendah yang berkepanjangan, sebelum dikirim ke Bulan, di mana gravitasi hanya seperenam dari kekuatannya di Bumi.

Ini akan memungkinkan mereka untuk mengatasi masalah teknis yang mahal, serta menguji apakah struktur tertentu akan bertahan di permukaan Bulan dan menilai kelayakan pemukiman manusia di sana.

"Beberapa eksperimen, seperti uji impak, hanya perlu beberapa detik (di simulator)," kata Li dilansir laman Space, Senin (17/1/2022).

Tapi yang lain, dia menambahkan, seperti pengujian creep, bisa memakan waktu beberapa hari.

Uji mulur mengukur seberapa banyak material akan berubah bentuk di bawah suhu dan tekanan konstan.

Menurut para peneliti, inspirasi untuk ruangan itu berasal dari Andre Geim, seorang fisikawan di Universitas Manchester di Inggris yang memenangkan Hadiah Nobel Ig satir pada 2000 karena merancang eksperimen yang membuat katak mengapung dengan magnet.

Trik levitasi yang digunakan oleh Geim dan sekarang di ruang "Bulan buatan" berasal dari efek yang disebut levitasi diamagnetik.

Baca Juga: Penjara Ini Paling Enak, Tak Ada Penjagaan dan Disediakan Kamar Intim

Atom terdiri dari inti atom dan elektron kecil yang mengorbitnya dalam putaran kecil arus; arus yang bergerak ini, pada gilirannya, menginduksi medan magnet kecil.

Biasanya, medan magnet yang diorientasikan secara acak dari semua atom dalam suatu objek, apakah itu milik setetes air atau katak, saling meniadakan, dan tidak ada magnetisme di seluruh material yang muncul.

Jika magnet luar cukup kuat, gaya tolak-menolak antara magnet dan medan atom akan tumbuh cukup kuat untuk mengatasi gravitasi dan mengangkat objek ke udara.

Tes yang diselesaikan di ruangan itu akan digunakan untuk menginformasikan program eksplorasi Bulan China Chang'e, yang mengambil namanya dari Dewi Bulan China.

Inisiatif ini termasuk Chang'e 4, yang mendaratkan rover di sisi jauh Bulan pada 2019 dan Chang'e 5, yang mengambil sampel batuan dari permukaan Bulan pada 2020.

Baca Juga: Tsunami Hantam Jepang, Warga Diminta Jauhi Pantai

China juga telah menyatakan akan melakukan penelitian stasiun Bulan di kutub selatan Bulan pada 2029. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga