Cinema XXI Resmi Hadir di Kota Kendari, Film Budi Pekerti Diputar Perdana

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 02 November 2023
0 dilihat
Cinema XXI Resmi Hadir di Kota Kendari, Film Budi Pekerti Diputar Perdana
Suasana pembukaan Bioskop Cinema XXI dengan pemutakan film perdana berjudul Budi Pekerti. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Jejaring bioskop terbesar di Indonesia, Cinema XXI resmi hadir di Kota Kendari dengan berbagai fasilitas yang menarik pada Kamis (2/11/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Jejaring bioskop terbesar di Indonesia, Cinema XXI resmi hadir di Kota Kendari dengan berbagai fasilitas yang menarik pada Kamis (2/11/2023).

Dalam peresmian bioskop tersebut, film yang telah diputar di berbagai Festival Film Internasional, Budi Pekerti, menjadi film pertama di bioskop tersebut.

Budi Pekerti sendiri merupakan sebuah film besutan sutradara Wregas Bhanuteja yang sebelumnya juga sukses dengan filmnya, Penyalin Cahaya. Film Budi Pekerti sendiri mendapati 17 nominasi piala citra di Festival Film Indonesia atas suguhan menarik yang dihadirkan oleh Wregas Bhanuteja dan kawan-kawan.

Budi Pekerti sendiri berlatar di Yogyakarta semasa pandemi, film Budi Pekerti berkisah tentang Bu Prani, seorang guru BK yang video perselisihannya dengan pengunjung pasar menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Resmi Hadir di Kendari, Cinema XXI Berstandar Internasional

Akibat tindakannya yang dinilai tidak mencerminkan pribadi seorang guru, dia dan keluarganya mendapat perundungan, dicari-cari kesalahan lainnya hingga terancam kehilangan pekerjaan. Pengabdiannya selama bertahun-tahun sebagai seorang guru seolah menguap begitu saja hanya dengan adanya video berdurasi 20 detik.

Film ini menghadirkan kritik yang terasa akrab dengan kondisi zaman sekarang ketika media sosial bisa menjadi senjata yang berbahaya untuk kehidupan orang lain. Film ini juga menggambarkan bagaimana media dapat menyudutkan satu pihak dan dapat menghancurkan hidup pihak tersebut.

Sebagai film yang telah diakui di kancah nasional maupun internasional, film ini berhasil memukau banyak penontonnya, termasuk berbagai jajaran Pemerintah Kota Kendari yang hadir menonton bersama saat peresmian bioskop Cinema XXI Kendari.

Salah satunya adalah Muttawakil, perwakilan dari Dinas Kominfo Kota Kendari. Dirinya menjelaskan bagaimana film tersebut layak mendapatkan 17 nominasi piala citra berkat kisah yang ditawarkan serta banyaknya visual memukau yang ditampilkan.

“Indah sekali (visualnya), jalan ceritanya juga bagus, layak dapat belasan nominasi piala citra,” jelasnya setelah nonton bersama.

Menurut Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagol, industri film yang meningkat pasca pandemi COVID-19 menjadi kesempatan baru industri perfilman Indonesia berkembang dengan film-film bagus seperti film Budi Pekerti.

Dewinta Hutagol kemudian menambahkan, untuk mendukung industri perfilman yang meningkat tersebut, selayaknya layar bioskop di Indonesia diperbanyak untuk menunjang para pelaku ekonomi di indsutri tersebut.

Baca Juga: Penjual Air Bersih Raup Untung di Musim Kemarau

“Berdasarkan hasil riset, Indonesia baru memiliki 7,6 layar per satu juta penduduk Indonesia, sementara negara maju rata-rata memiliki 84,3 layar per satu juta penduduk,” jelasnya pada peresmian Cinema XXI Kendari.

Di sisi lain, Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Kendari, Jahudding yang hadir mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari mengatakan, kehadiran Bioskop Cinema XXI di Kendari diharapkan mampu memberikan edukasi dan hiburan melalui film-film bagus seperti Budi Pekerti ini untuk kebutuhan masyarakat Kota Kendari.

"Film dapat menjadi media komunikasi yang bisa mengubah pola pikir kepada siapa yang menontonnya, dan hiburan," jelasnya sebelum meresmikan bioskop The Park XXI Kendari. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga