Minimnya Kesadaran Warga Kendari Menjaga Kebersihan Lingkungan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 03 Juni 2021
0 dilihat
Minimnya Kesadaran Warga Kendari Menjaga Kebersihan Lingkungan
Sampah berserakan di sekitar bak sampah atau TPS di salah satu perumahan warga. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Kepedulian dan kesadaran masyarakat masih kurang. Indikatornya itu sampah dibuang bukan tepat di dalam TPS, tapi di pinggiran jalan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari menilai, kesadaran masyarakat terkait menjaga kebersihan lingkungan kota masih kurang.

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3, Zulkarnaim mengatakan, kurangnya kesadaran masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengajak keberadaan kota, dapat dilihat dari masih banyaknya warga yang membuang sampah tidak tepat di bak sampah atau TPS.

"Kepedulian dan kesadaran masyarakat masih kurang. Indikatornya itu sampah dibuang bukan tepat di dalam TPS, tapi di pinggiran jalan," katanya kepada Telisik.id, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: Demi Kota Tidak Kumuh, Petugas Kebersihan Rela Tak Punya Hari Libur

Baca Juga: Kesadaran Warga Buang Sampah Sesuai Jadwal Masih Kurang

Ketika sampah berserakan di pinggir jalan, lanjut dia, maka seolah pemerintah dan para petugas pengangkut sampah tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

"Kalau sampah ada di luar TPS, kita dianggap petugas tidak kerja," lanjutnya.

Olehnya itu, peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan kota. Apalagi, manfaat saat lingkungan bersih akan dirasakan oleh semua masyarakat. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga