Cuaca Buruk, Pedagang di Buton Utara Punya Cara Hadapi Kenaikan Harga Ikan

Rina Gayatri, telisik indonesia
Sabtu, 12 Agustus 2023
0 dilihat
Cuaca Buruk, Pedagang di Buton Utara Punya Cara Hadapi Kenaikan Harga Ikan
Ikan kering menjadi alternatif masyarakat Buton Utara saat harga ikan segar melonjak. Foto: Rina Gayatri/telisik

" Sudah sekitar satu Minggu, harga ikan di pasar Mina-minanga, Kabupaten Buton Utara mengalami kenaikan. Hal itu disebabkani cuaca buruk, sehingga nelayan tidak mendapat tangkapan ikan dengan maksimal "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Sudah sekitar satu Minggu, harga ikan di pasar Mina-minanga, Kabupaten Buton Utara mengalami kenaikan. Hal itu disebabkani cuaca buruk, sehingga nelayan tidak mendapat tangkapan ikan dengan maksimal.

Akibat dari kenaikan harga ikan itu, tingkat pembelian pun menurun. Hal itu diakui beberapa ibu rumah tangga yang selalu belanja lauk pauk untuk kebutuhan rumah tangga.

Seperti Tika (32), salah seorang ibu rumah tangga mengaku  tetap membeli ikan meskipun harganya lumayan mahal.

"Akibat harga ikan mahal, yang biasanya ikan seharga Rp 20.000 bisa dimakan untuk seharian, sekarang cuma bisa untuk sekali makan saja," ungkapnya, Sabtu (12/8/2023).

Baca Juga: Kakek Lajii di Buton Utara Keciprat Bantuan Pemerintah

"Biar ada tahu tempe, tetap harus ada ikan juga," lanjut Tika.

Terpisah, Marliah (53) seorang ibu rumah tangga lainnya mengaku, tidak bisa makan tanpa ikan berhari-hari.

"Meskipun harga ikan mahal, tetap kita beli juga karena itu sudah termasuk kebutuhan pokok. Paling dikurangi saja porsinya," tuturnya

Meski mahal, masyarakat tetap membeli ikan segar karena sudah menjadi kebutuhan dan susah untuk digantikan dengan lauk pauknya lainnya.

Saat ditemui telisik.id, salah seorang pedagang ikan di pasar Mina-minanga, Suniati mengaku, untuk menyiasati kenaikan harga ikan, ia punya trik sendiri.

Baca Juga: Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023, Pemuda Asal Buton Utara Siap Bersaing di Kancah Nasional

"Setiap harga ikan mulai melonjak, tidak tanggung-tanggung saya menyediakan stok ikan kering yang cukup banyak," beber Suniati.

Hal demikian dilakukan menurut pengalamannya, ia merasakan sendiri pembeli ikan kering mengalami peningkatan saat harga ikan melonjak.

"Alhamdulillah, selalu banyak pembeli ikan kering, selama harga ikan segar masih mahal," pungkasnya.

Diperkirakan harga ikan akan normal kembali ketika cuaca sudah mulai stabil, sehingga para nelayan bisa kembali melaut seperti biasa dan mendapat tangkapan ikan dengan maksimal. (A)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga