Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023, Pemuda Asal Buton Utara Siap Bersaing di Kancah Nasional

Rina Gayatri, telisik indonesia
Minggu, 06 Agustus 2023
0 dilihat
Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023, Pemuda Asal Buton Utara Siap Bersaing di Kancah Nasional
Putra-putri perwakilan Buton Utara berhasil meraih juara dalam pemilihan Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023 yang digelar pada Minggu (23/7/2023), di Kolaka. Foto: Ist.

" Riyan Rahmat Jaya, perwakilan Kabupaten Buton Utara, berhasil menjadi juara dalam pemilihan Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023, dan kini tengah mempersiapkan diri menghadapi ajang yang sama di tingkat nasional "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Malam penobatan Duta Wisata Sulawesi Tenggara telah digelar pada Minggu (23/7/2023) lalu di Kolaka. Dalam acara tersebut, diikuti oleh perwakilan kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara.

Riyan Rahmat Jaya atau yang akrab disapa Nice, perwakilan Kabupaten Buton Utara, berhasil menjadi juara dalam pemilihan Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023. Ia berhasil mengalahkan 25 peserta lainnya dari 10 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara.

Pemuda kelahiran Ereke, 10 Agustus 1999 itu merupakan alumni SMAN 1 Kulisusu dan pernah belajar di Smart International Language College, serta berhasil menjadi lulusan terbaik Jurusan Hubungan Internasional Universitas Pasundan pada tahun 2022.

Sebelum akhirnya menjadi Duta Wisata 2023, Riyan juga pernah mewakili Sulawesi Tenggara dalam ajang Duta Bahasa di tingkat nasional pada tahun 2021 lalu, pernah juga menjadi Duta FISIP Universitas Pasundan.

Riyan mengungkapkan, untuk menghadapi ajang di tingkat nasional tentu tidak mudah dan butuh banyak effort untuk sampai di tahap ini.

Baca Juga: Perwakilan Sulawesi Tenggara Terpilih Sebagai Duta Wisata Indonesia 2022

"Banyak berdoa dan berusaha untuk memberikan yg terbaik. Belajar lebih giat tentang kepariwisataan. Menyusun program, membangun relasi dengan pemuda-pemuda yang ada di Sulawesi Tenggara. Serta tidak lupa untuk latihan bakat tentunya," paparnya saat dihubungi via WhatsApp.

Dengan menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara di tingkat nasional, Riyan juga berharap dapat membersamai pemuda dan pemudi duta wisata kabupaten yg ada di Sulawesi Tenggara dalam melakukan program-program terkait kepariwisataan. Sehingga ke depannya makin banyak anak muda yang peduli wisata dan sadar betapa pentingnya pariwisata bagi kemajuan suatu daerah.

"Harapan saya dapat memberikan yang terbaik dan bisa menjadi panutan bagi para pemuda khususnya di Sulawesi Tenggara," sambungnya.

Riyan juga dikenal sebagai public speaker yang baik dan sangat tertarik pada hal-hal baru yang menambah wawasan serta menyukai tantangan dalam hidupnya. Sebab dari tantangan tersebut ia bisa menilai seberapa besar kualitas yang ada pada dirinya.

Pemilik tinggi badan 174 cm dan berat badan 65 kg itu memiliki hobi olahraga, traveling dan diskusi. Ia pernah menjadi delegasi debat Bahasa Indonesia Universitas Pasundan, pernah menjadi the winner of comparative study, market research and traditional culture di Thailand, Malaysia dan Singapura, juga pernah menjadi delegasi Jerman dan Prancis short diplomatic course Pasundan University.

Keluarga mengaku sangat bangga dengan pencapaian Riyan saat ini.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Raditman dan Sasti Putra Putri Duta Wisata Wakatobi 2022

"Kami sekeluarga sangat senang atas pencapaian adik kami Riyan Rahmat Jaya, semoga tetap rendah hati dan tidak berhenti untuk terus belajar," ungkap Siska, kakak dari Riyan.

"Semoga prestasi ini bisa menjadi bekal di masa depan untuk menjadi pemuda yang cerdas, berintegritas dan bisa bermanfaat untuk dirinya dan juga orang banyak," tambahnya.

Pihak keluarga berharap Riyan bisa lebih membanggakan di tingkat nasional dengan membawa nama Provinsi Sulawesi Tenggara keluar sebagai pemenang. (B)

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga