Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara Kunjungi Calon Jemaah Haji di Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 23 Mei 2023
0 dilihat
Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara Kunjungi Calon Jemaah Haji di Kolaka Timur
Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara kunjungi calon jemaah haji di Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Kepala Kantor Wilayah Kemeterian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulawesi Tenggara, menggelar kunjungan kerja di Kolaka Timur "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Kepala Kantor Wilayah Kemeterian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulawesi Tenggara, menggelar kunjungan kerja di Kolaka Timur.

Kehadirannya itu juga, dalam rangka pelaksanaan bimbingan manasik haji tahun 1444 H /2023 M, tingkat Kabupaten Kolaka Timur.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis menyampaikan masyarakat dan pemerintah, mengucapkan selamat dan sukses kepada Muhammad Saleh, atas pelantikan selaku Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara, oleh Menteri Agama RI pada 9 Mei lalu.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Peringati Hari Kebangkitan Nasional

"Semoga pemimpin baru dengan spirit yang baru, akan membawa Kemenag Sulawesi Tenggara lebih terdepan," ungkapnya.

Azis juga mengatakan, peran Kementerian Agama di tengah-tengah masyarakat cukup luas. Kementerian Agama, adalah satu-satunya instansi yang mengurusi umat 24 jam, dari lahi hingga wafat, mulai dari aqiqah hingga takziah.

Lanjut Aziz mengungkap, Kementerian Agama bukan saja menghindarkan umat untuk menghindari yang haram dan mengambil yang halal.

"Namun di sisi lain juga menghalalkan yang haram dalam sebuah tali pernikahan,” ucapnya.

Untuk kegiatan manasik lanjut Azis, adalah tata cara dan pelaksanaan ibadah baik umroh maupun haji sesuai syariah, dan merupakan hak yang tidak bisa diabaikan bagi seorang muslim yang akan melaksanakan ibadah haji, dilakukan sebelum perjalanan haji.

"Dengan mengikuti manasik, setiap calon jamaah haji akan mendapatkan pengetahuan tata cara beribadah haji sesuai rukun haji," jelasnya.

Ia juga mengatakan untuk menjadi haji mabrur, tergantung dari niat, akan tetapi bagaimana kesesuaian dalam memahami ibadah haji secara optimal, semasa manasik yang akan membantu untuk bisa mendapatkan haji mabrur.

Potret haji mabrur tidak hanya dinilai pada saat proses ibadah haji tersebut berlangsung, tapi juga harus dinilai sejak persiapan termasuk bekal yang baik, saat melaksanakan sesuai yang diajarkan dan amalan setelah ibadah haji berakhir.

“Kita yang telah berniat untuk melaksanakan ibadah haji, haruslah benar-benar berniat berhaji untuk mencari ridha Allah SWT, bukan hanya untuk perjalanan semata," jelasnya.

Azis mengimbau kepada peserta manasik haji selama menjalani proses persiapan ke tanah suci, hendaknya agar selalu memelihara dan menjaga kesehatan fisik dan mental dengan baik, dan hindari pertengkaran serta kemarahan yang hanya akan merusak niat ibadah haji yang akan laksanakan.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara, Muhammad Saleh mengatakan, pemerintah daerah berkewajiban mengurus warganya, tapi kemaslahatan umat menjadi domain dari Kemenag.

"Pemerintah punya warga, Kemenag punya umat. salah satu wujud tugas Kemenag yang selama ini bersinergi dengan pemerintah khususnya pemerintah daerah, adalah melaksanakan dan menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun," ungkapnya.

Muhammad Saleh menambahkan, saat ini telah berkumpul jemaah haji Kolaka Timur tahun 2023 yang akan diberangkatkan ke baitullah.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Terus Genjot Penurunan Angka Stunting

“Ibadah haji, adalah suatu ritual yang merupakan panggilan dari Allah SWT untuk berkunjung ke baitullah demi mencapai ridonya," jelasnya.

Ia juga mengatakan untuk melaksanakan ibadah tertentu dan wukuf di arafah pada waktu tertentu. Mereka sengaja datang ke Mekkah, mengunjungi ka'bah dan tempat-tempat lainnya untuk melakukan serangkaian ibadah dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan.

"Ibadah haji, adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam yang mampu atau kuasa untuk melaksanakannya baik secara ekonomi, fisik, psikologis, keamanan, perizinan dan lain-lain,” tutupnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga