adplus-dvertising

Cuaca Ekstrim, Kapolres Bombana: Selalu Waspada dan Update Informasi BMKG

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 08 Desember 2021
767 dilihat
Cuaca Ekstrim, Kapolres Bombana: Selalu Waspada dan Update Informasi BMKG
Banjir di Kabaena Utara, Kabupaten Bombana. Foto: Ist.

" Kondisi cuaca di Kabupaten Bombana beberapa hari terakhir kurang membaik "

BOMBANA, TELISIK.ID - Beberapa hari terkahir ini, kondisi cuaca di Kabupaten Bombana kurang membaik. Curah hujan dan angin kencang serta gelombang laut alami peningkatan.

Sejak 1 Desember 2021 hingga hari ini, Rabu (8/12/2021), curah hujan nyaris tidak terputus dibarengi dengan angin kencang. Menyebabkan pohon dan tiang listrik tumbang serta tanah longsor, sehingga terputusnya jalan yang menghubungkan beberapa desa.

Diantaranya, jalan Poros Teomokole-Tangkeno beberapa ruas jalan amblas, pohon tumbang menimpa jaringan listrik yang menyebabkan pemadaman listrik, pohon tumbang di jalur menuju Kelurahan Poea menyebabkan terputus akses jalan, jembatan amblas di Desa Batuawu, banjir di beberapa titik di Poleang, Tontonuu dan sekitarnya.


Dalam sepekan ini, masyarakat berjibaku dengan genangan air. Apalagi pemukiman yang berada di lokasi dekat dengan sungai.

Olehnya itu, Kapolres Bombana, AKBP Teddy Arief Soelistiyo, S. IK mengimbau masyarakat untuk selalu berwaspada terhadap kondisi alam yang terjadi secara tiba-tiba akibat cuara yang ekstrim saat ini.

"Jelang tahun baru memang secara nasional cuaca berubah. Curah hujan tinggi yang berujung pada banjir, tanah longsor serta angin kencang, belum lagi di laut gelombang laut mengamuk," kata Teddy Arief Soelistiyo kepada Telisik.id, Rabu (8/12/2021).

"Jadi kami imbau warga selalu waspada sejak dini untuk menghindari korban jiwa," sambungnya.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Penyebrangan Kolaka - Bajoe Ditutup

Selain itu, pihaknya meminta pemerintah daerah di tingkat desa dan kelurahan untuk selalu mengupdate informasi yang dikeluarkan oleh BMKG dan disampaikan kepada warga.

Teddy Arief Soelistiyo juga menerangkang untuk bersama-sama waspada, pihaknya juga mengerahkan Bhabinkamtibas di desa-desa untuk mengedukasi dan memantau masyarakat.

Baca Juga: Air Naik hingga 50 Cm, Wali Kota Makassar: Bukan Banjir, Tapi Genangan Air yang Cukup Tinggi

"Informasi BMKG diupdate terus sebagai bentuk sikap jaga-jaga terhadap kemungkinan adanya peristiwa alam yang terjadi di saat cuaca begini. Sementara kami juga melalui Bhabinkamtibas dan Polsek-polsek terus lakukan pemantauan dan segara lakukan evakuasi jika ada banjir," pungkasnya. (C)

Reporter: Hir abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga