Daftar 5 Negara Terbaik untuk Ditinggali Orang Asing, Nomor 5 Tetangga Indonesia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 09 September 2023
0 dilihat
Daftar 5 Negara Terbaik untuk Ditinggali Orang Asing, Nomor 5 Tetangga Indonesia
Negeri Jiran ini baik dalam keramahan penduduk lokal dan keuangan pribadi. Foto: Inews.id

" Tinggal dan bekerja di luar negeri menjadi impian bagi banyak orang. Selain untuk memperbaiki nasib, tinggal di lingkungan yang asing juga memperkaya pengetahuan dan pengalaman hidup "

KENDARI, TELISIK.ID - Tinggal dan bekerja di luar negeri menjadi impian bagi banyak orang. Selain untuk memperbaiki nasib, tinggal di lingkungan yang asing juga memperkaya pengetahuan dan pengalaman hidup.

InterNations, jaringan ekspatriat terbesar di dunia, baru-baru ini menyusun laporan tahunan Expat Insider, yang memberi peringkat negara-negara teratas berdasarkan penilaian 56 aspek kehidupan ekspatriat, mulai dari biaya hidup, tempat tinggal, hingga ketersediaan internet berkecepatan tinggi.

Lebih dari 12.000 ekspatriat yang mewakili 171 kebangsaan dan tinggal di 172 negara atau wilayah memberikan tanggapan, yang menghasilkan daftar cukup bervariasi dan terkadang mengejutkan yang mencakup seluruh dunia.

Melansir dari Okezone.com dan Bbc.com, berikut 5 negara terbaik untuk ditinggali ekspatriat pada 2023 versi InterNations:

Baca Juga: Bukan Setiap Hari, Ini Jadwal Seks Ideal Berdasarkan Usia Menurut Dokter Boyke

1. Meksiko

Meksiko berada di peringkat pertama negara terbaik untuk ditinggali ekspatriat 2023. Ini bukan hal baru karena sejak 2014, Meksiko selalu masuk lima besar dalam daftar. Meksiko menduduki peringkat pertama dalam indeks kemudahan untuk menetap dan keramahan penduduknya menghasilkan skor tinggi dalam mencari teman.

Negara ini juga memiliki kota unik, budaya hingga bentang alam yang cukup baik. Faktanya, dalam survei ada 75% warga asing di sini mengatakan bahwa cukup mudah untuk mendapatkan teman di Meksiko, dibandingkan di negara lain dengan rata-rata 43% di seluruh dunia.

Walaupun birokrasi Meksiko cukup sulit, namun mudah untuk mempertahankan izin tinggal jika Anda memenuhi syarat, dan tidak ada waktu minimum yang harus Anda penuhi untuk mempertahankan status visa Anda.

Selain itu, penduduk ekspatriat mengungkapkan apresiasi yang mendalam terhadap budaya dan sejarah Meksiko, yang tercermin dari peringkat teratas dalam kategori budaya dan sambutan.

2. Spanyol

Peringkat dua ada Spanyol. Negeri Matador selalu masuk 10 besar daftar indeks kualitas hidup dalam survei ini sejak 2014, karena budaya dan kesempatan untuk rekreasi dan bersantai, serta iklim dan cuacanya yang baik.

Biaya hidup di Spanyol masih lebih murah dibandingkan di negara-negara Eropa lainnya, dan dapat menjadi keuntungan atau kerugian tergantung pada pekerjaan Anda, sebab penghasilan penduduk lokal disini cenderung lebih rendah.

Namun, negara ini memiliki program visa nomaden digital yang cukup baik, dan sistem kehidupan masyarakat yang ramah, sehingga mudah untuk bersosialisasi. Jika Anda ingin tinggal disini, lebih baik untuk belajar bahasa Spanyol, agar dapat mengeksplor pengalaman baru dan menarik di Negeri Matador ini.

3. Panama

Negara Amerika Tengah ini berada di peringkat 3 dalam kategori kemudahan menetap, kemudahan menemukan teman, dan budaya serta sambutan. Tak hanya itu, negara ini telah memperkenalkan visa nomaden digital, dengan salah satu biaya terendah di dunia.

Para penduduk ekspatriat atau warga asing dalam hal ini memposisikannya sebagai salah satu dari 5 negara yang paling mudah mendapatkan visa. Letak geografis Spanyol dengan Amerika Serikat cukup dekat, sehingga memudahkan untuk melakukan panggilan telepon dan kunjungan dengan keluarga dan teman setelah 10 tahun tinggal di Asia.

Perekonomian yang berbasis dolar AS juga memudahkan dalam mengatur keuangan. Selain itu, negara ini berada di peringkat 8 secara dalam indeks keuangan pribadi, dengan 80% ekspatriat mengatakan bahwa mereka bahagia dengan situasi keuangan mereka.

4. Bahrain

Salah satu negara di wilayah Timur Tengah yang masuk dalam 10 besar dalam indeks keuangan pribadi, karena sebagian dari pendatang hidup sejahtera dalam perekonomian yang mereka miliki.

Negara ini juga mendapat nilai bagus di berbagai jenis indikator lainnya, dan berada di peringkat 1 kategori Expat Essentials seperti administrasi, perumahan, akses digital, dan bahasa.

Selain itu, menjadi negara termudah untuk mendapatkan visa dan berurusan dengan pihak berwenang setempat, dimana 78?ri warga asing yang disurvei melaporkan bahwa mudah untuk tinggal di sini tanpa harus berbicara dalam bahasa Arab.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Film Netflix Terbaik 2023

5. Malaysia

Berada di posisi nomor 4 dalam indeks keseluruhan dan meningkat dalam kategori kualitas hidup tahun ini, dengan penduduknya menempati peringkat 3 dalam hal ketersediaan kesempatan berwisata.

Negeri Jiran ini baik dalam keramahan para penduduk lokal dan keuangan pribadi. Terletak di wilayah Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur di pulau Kalimantan, negara ini cocok bagi Anda yang sering bepergian.

Orang Malaysia juga cukup fasih dalam bahasa, sehingga memudahkan dalam berkomunikasi. Memiliki budaya yang hangat dan ramah, Anda akan mudah juga untuk menemukan teman seperti dalam komunitas Melayu tradisional, ataupun komunitas India dan Tionghoa. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga