Daftar 5 Wilayah dengan Udara Terbersih di Indonesia, Ada Kotamu?

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
Daftar 5 Wilayah dengan Udara Terbersih di Indonesia, Ada Kotamu?
Kabupaten Buleleng, Bali punya tingkat polusi pada level baik. Foto: Repro Edisi.co.id

" Ada beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki kualitas udara dengan kategori baik untuk kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Polusi udara akhir-akhir ini menjadi masalah yang mengkhawatirkan, khususnya warga Jakarta dan sekitarnya. Tingginya polusi udara tersebut salah satunya dapat dipantau melalui lama IQ Air.

Dilansir Tempo.co dan Merdeka.com, hanya beberapa wilayah yang disebut memiliki kualitas udara dengan kategori baik untuk kesehatan. Berikut daftar kota tersebut:

1. Matur, Sumatera Barat

Dikutip dari Merdeka.com, kualitas udara di Matur paling baik di Indonesia dengan indeks kualitas udara di angka 8 AQI US, dan polutan utama berukuran PM10 dengan konsentrasi 9µg/m3. Matur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indonesia.

Matur berada di ketinggian 1.063 meter di atas permukaan laut. Termasuk daerah yang berudara dingin dan sejuk.

2. Indrapuri, Aceh

Kualitas udara di Indrapuri terbaik kedua di Indonesia dengan indeks kualitas udara di angka 14 AQI US, dan polutan utama berukuran PM2.5 dengan konsentrasi 3.3µg/m3. Indrapuri adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Indonesia.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Penyaring Polusi Udara di Rumah

Posisi geografisnya sangat strategis untuk industri, pertanian, perkebunan, dan peternakan.

3. Kota Pekanbaru Riau

Tingkat polusi udara di Kota Pekanbaru berada pada level baik. Indeks kualitas udara di angka 32 AQI US, dan polutan utama berukuran PM2.5 dengan konsentrasi 7.7µg/m3. Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau, Indonesia.

Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di Pulau Sumatera dan termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi.

4. Batulicin, Kalimantan Selatan

Tingkat polusi udara di Batulicin berada pada level baik. Indeks kualitas udara di angka 35 AQI US, dan polutan utama berukuran PM2.5 dengan konsentrasi 8.5µg/m3. Batulicin menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Polusi Udara Biar Tak Seperti Jakarta

Batulicin merupakan salah satu jalur penting dalam proses pengiriman batu bara dari Kalimantan Selatan ke berbagai penjuru tanah air dan juga negara-negara internasional.

5. Kabupaten Buleleng, Bali

Tingkat polusi udara di Kabupaten Buleleng berada pada level baik. Indeks kualitas udara di angka 37 AQI US, dan polutan utama berukuran PM2.5 dengan konsentrasi 9µg/m3. Buleleng adalah salah satu kabupaten di provinsi Bali, Indonesia dengan ibukota Singaraja.

Selain sebagai penghasil pertanian terbesar di Bali (terkenal dengan produksi salak bali dan jeruk keprok Tejakula), kabupaten ini juga memiliki objek pariwisata yang banyak seperti Pantai Lovina, Pura Pulaki, Air Sanih dan tentunya Kota Singaraja sendiri. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga