Kiat Pengembangan Diri dan Sukses Jadi Wanita Karir Jaman Now

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 05 Juli 2022
0 dilihat
Kiat Pengembangan Diri dan Sukses Jadi Wanita Karir Jaman Now
Susi Pudjiastuti salah seorang wanita karir yang sukses menjadi pengusaha sekaligus mantan Menteri Kelautan dan Perikanan asal Indonesia. Foto: Repro katadata.co.id

" Wanita tidak ingin lagi didiskriminasi oleh sentimen masyarakat yang menganggap bahwa pria adalah pemimpin dan wanita sebatas pengikut "

KENDARI, TELISIK.ID - Di era modernisasi, wanita karir bukanlah sesuatu yang baru, tak sedikit wanita di masa kini yang memiliki karir sebelum menikah. Hal ini juga membuktikan bahwa wanita bisa sejajar dengan kaum pria.

Wanita tidak ingin lagi didiskriminasi oleh sentimen masyarakat yang menganggap bahwa pria adalah pemimpin dan wanita sebatas pengikut. Selain itu, wanita ingin memiliki pendapatannya sendiri sehingga tidak hanya bergantung pada pendapatan suami.

Dilansir dari raywhite.co.id, kiat pengembangan diri menjadi career woman adalah impian yang didambakan oleh kaum perempuan sekarang ini. Hal mendasar yang memotivasi seorang wanita untuk menjadi wanita karier adalah potensi finansial yang akan didapatkan. Mereka akan mendapatkan penghasilan sendiri dengan kemampuan yang dimiliki oleh seorang wanita. Selain itu, menjadi wanita karir dapat melatih skill dan kemandirian seorang wanita.

Berikut alasan menjadi wanita karir, antara lain:

1. Membantu Perekonomian Keluarga

Memiliki kondisi keuangan dan ekonomi yang stabil adalah harapan bagi semua orang. Dengan menjadi wanita karir, seorang wanita tentu saja akan mendapatkan pendapatan ekstra, diluar pendapatan pasangan, yang dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari.

2. Tidak Ingin Menjadikan Gelar Sarjana sebagai Title

Seorang wanita lulusan dari perguruan tinggi, biasanya akan lebih memilih untuk bekerja ketimbang “di dapur”. Konsepnya sederhana saja. Mereka sudah menghabiskan banyak waktu untuk kuliah, sehingga setelah lulus dari perguruan tinggi, mereka ingin menerapkan apa yang telah dipelajari selama kuliah. Wanita tidak ingin perjuangan mereka untuk mendapatkan gelar saat kuliah selesai begitu saja.

Baca Juga: Deretan Artis Cantik yang Sukses Perankan PSK, Nomor 6 Kisah Nyata Menjajakan Tubuh di Jalanan

Tuntutan pekerjaan seorang wanita karir untuk bertemu banyak orang membuatnya semakin percaya diri. Memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan bisa membawa diri dengan orang baru merupakan salah satu sisi positif seorang wanita karir. Seorang wanita karir seringkali lebih memperhatikan penampilannya untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Penampilan merupakan aset yang harus dijaga untuk mendukung pekerjaannya. Tentu saja penampilan wanita karier harus sesuai dengan norma-norma yang ada.

4. Memiliki Passion dan Gairah yang Tinggi dalam Menjalani Hidup

Seorang wanita karir dituntut untuk memiliki passion dalam hidupnya. Passion yang dimaksud adalah sebuah gairah atau motivasi untuk meraih kesuksesan dengan mencapai beberapa target. Secara otomatis seorang wanita karir harus menentukan arah tujuan hidupnya.

5. Bisa Membagi Waktu

Umumnya seorang wanita karier sudah memiliki jadwal harian untuk membagi waktu antara waktu bekerja dan waktu untuk keluarga. Pagi hari sebelum berangkat bekerja adalah waktu untuk mengurus rumah tangga. Setelah itu, para wanita karir akan berangkat bekerja. Sepulang bekerja di malam hari adalah waktu untuk quality time dengan keluarga. Ini adalah salah satu sisi positif seorang wanita karir. Bekerja memang penting, tetapi keluarga juga tak kalah penting.

6. Memiliki Kemandirian dan Tidak Merepotkan Orang Lain

Seorang wanita karir memiliki kemandirian yang lebih baik dibandingkan non-career woman. Tidak hanya mandiri soal finansial tetapi mandiri dalam kesehariannya. Semua pekerjaan dapat dikerjakan seorang diri. Itulah komitmen seorang wanita karier.

7. Kemampuan Menyesuaikan Diri

Menjadi seorang wanita karir memang tidak mudah. Seorang wanita karir harus memiliki keinginan untuk menyesuaikan diri. Untuk bisa memiliki karir yang cemerlang dibutuhkan kemampuan untuk bisa menyesuaikan diri karena dunia pekerjaan sangat dinamis. Kemampuan menyesuaikan diri memungkinkan Anda untuk menikmati setiap proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Selain 7 alasan diatas ketika kamu menjadi wanita karir, kamu juga dapat mengikuti tips berikut yang dapat membantumu sukses jadi wanita karir.

Dikutip dari kompas.com, 5 kebiasaan yang harus dimiliki wanita karir yang sukses, antara lain:

1. Menetapkan Tujuan

Seorang wanita karier sukses harus bisa menetapkan tujuan hidupnya, baik dalam karir maupun rumah tangganya. Tujuan yang ditetapkan haruslah realistis supaya lebih mudah untuk dicapai.

Baca Juga: Outfit Cewek Kue, Cewek Bumi dan Cewek Mamba, Manakah dirimu?

Wanita karier sukses pasti memiliki kebiasaan untuk menentukan tujuan hidupnya secara rinci, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Mau belajar

Wanita karier menyadari pentingnya kebutuhan untuk tetap belajar akan hal apa pun. Pasalnya, tidak peduli pada bidang apa yang dipilih untuk berkarier, wanita karier akan selalu menghadapi perubahan.

3. Berkomunikasi yang efektif

Dengan kemandiriannya, wanita karier percaya dengan dirinya sendiri sehingga akan berani mengutarakan pendapatnya saat diperlukan. Tak jarang mereka akan menegaskan pengaruh dan kepemimpinannya di tempat kerjanya.

4. Menjaga Kesehatan

Meski wanita karier selalu terlihat sibuk dengan pekerjaannya, kunci menjadi wanita karier sukses adalah tetap mengutamakan kesehatan. Misalnya dengan meluangkan waktu untuk me time dengan merawat diri sendiri.

5. Berpenampilan Rapi

Penampilan dapat mengatakan banyak hal tentang karakter seseorang dalam menjalani hidupnya. Pakaian menjadi komunikator non verbal yang sangat baik.

Itulah ulasan singkat keuntungan dan kebiasaan yang harus dimiliki wanita karir yang sukses. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki cara suksesnya masing-masing. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga