Daftar Negara Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Sejarah Baru Timnas Indonesia

Merdiyanto , telisik indonesia
Jumat, 26 Januari 2024
0 dilihat
Daftar Negara Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Sejarah Baru Timnas Indonesia
Starting XI Timnas Indonesia saat melawan Jepang di matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia membuat sejarah baru. Foto: Repro Bola.net

" Timnas Indonesia dipastikan lolos 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya dalam sejarah, setelah mengumpulkan tiga poin dalam klasemen "

QATAR, TELISIK.ID - Timnas Indonesia dipastikan lolos 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya dalam sejarah melalui peringkat ketiga terbaik, setelah mengumpulkan tiga poin dalam klasemen.

Hal tersebut dipastikan setelah hasil Kirgistan vs Oman berakhir 1-1 pada matchday terakhir Grup F, Kamis (25/01/2023) malam di Abdullah bin Khalifa Stadium.

Timnas Indonesia yang tergabung dalam Grup D Piala Asia 2023, harus bertanding melawan tim kuat seperti Irak, Vietnam dan Jepang untuk lolos ke-16 besar, seperti dilansir dari Bola.net.

Di klasemen mini tim peringkat ketiga terbaik, Skuat Garuda menempati posisi terakhir atau batas tim yang dapat jatah tiket ke 16 besar. Timnas Indonesia mengumpulkan tiga poin di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah.

Dengan demikian, Timnas Indonesia akan menemani Irak dan Jepang yang lolos ke-16 besar sebagai perwakilan Grup D di Piala Asia.

Baca Juga: Hasil Piala Asia: Timnas Indonesia Dibantai 1-3, Jepang Masuk ke 16 Besar

Qatar dan Tajikistan menjadi juara dan runner up untuk perwakilan Grup A yang lolos 16 besar, kemudian Australia dan Uzbekistan dari Grup B.

Dari grup C, Iran dan Uni Emirat Arab berhasil memastikan lolos setelah jadi juara dan runner up, kemudian disusul Iran dan Jepang dari Grup D.

Sementara itu di Grup E, Bahrain dan Korea Selatan menjadi perwakilan grup di 16 besar. Terakhir Grup F diwakili Arab Saudi dan Thailand.

Babak 16 besar Piala Asia 2023 akan digelar mulai 28 Januari mendatang. Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Australia pada laga pertama 16 besar di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Jepang, Erick Thohir: Bawa Nama Merah Putih Harus Berikan Semuanya, Kalau Loyo Pulang Saja

Dikutip dari Bola.okezone.com, berikut daftar 16 negara yang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023:

Grup A: Qatar, Tajikistan

Grup B: Australia, Uzbekistan, Suriah

Grup C: Iran, UEA, Palestina

Grup D: Irak, Jepang, Indonesia

Grup E: Bahrain, Korea Selatan, Yordania

Grup F: Arab Saudi, Thailand. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga