Daftar Negara yang Paling Sulit Dikunjungi Turis Asing

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 28 November 2023
0 dilihat
Daftar Negara yang Paling Sulit Dikunjungi Turis Asing
Korea Utara jadi salah satu negara yang sulit dikunjungi turis asing dari negara manapun. Foto: Repro cnnindonesia.com

" Korea Utara merupakan negara tersulit dikunjungi oleh turis. Untuk mendapatkan izin masuk negaranya harus mengajukan visa ke agen wisata yang telah disetujui negara tersebut "

KENDARI, TEKISIK.ID - Jelang liburan akhir tahun, banyak masyarakat Indonesia yang mulai memikirkan negara yang bisa dikunjungi. Sehingga tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mulai mengajukan visa untuk memenuhi syarat perjalanan liburan ke luar negeri.

Visa adalah dokumen izin yang dikeluarkan oleh negara tujuan untuk seseorang yang akan memasuki suatu negara. Namun, ada beberapa negara di dunia yang tidak mudah untuk didatangi oleh turis asing.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut negara yang paling sulit dikunjungi turis asing:

1. Rusia

Rusia adalah salah satu destinasi favorit bagi para turis. Sebab, negara terluas di dunia yang terletak di dua benua ini memiliki berbagai bangunan cantik dan wisata alam yang menawan.

Namun, Rusia jadi salah satu negara yang sulit menerbitkan visa bagi para pelancong. Hal yang membuat proses aplikasi visa ke Rusia menjadi sulit adalah banyaknya pertanyaan dalam formulir aplikasi.

Demi mendapatkan persetujuan visa dari Rusia, turis harus mencantumkan riwayat perjalanan selama sepuluh tahun terakhir dengan rincian tempat yang dikunjungi, kapan, dan berapa lama masa tinggal.

2. Iran

Iran adalah salah satu negara di kawasan Timur Tengah yang terkenal sebagai produsen dan pengekspor karpet buatan tangan terbesar di dunia. Maka dari itu, tidak heran jika para turis berbondong-bondong memborong karpet dari Iran.

Selain itu, Iran memiliki banyak destinasi wisata yang Indah, seperti Masjid Nasir al-Mulk, Bazaar Tajrish, hingga Gunung Damavand. Namun, tidak mudah bagi Anda untuk memperoleh visa dari negara dengan ibu kota Tehran ini.

Baca Juga: Meski Sekutu Israel, Deretan Negara Ini Ramai Demonstrasi Pro-Palestina

Visa ke Iran sulit diperoleh karena Anda harus memiliki kode verifikasi khusus sebelum mengajukan visa. Kode otorisasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri di Iran, tetapi agen perjalanan resmi Iran harus mengajukan kode tersebut atas nama Anda.

3. Afghanistan

Situasi politik di Afghanistan terbilang tidak stabil bahkan banyak pemerintah dari berbagai negara tidak menyarankan untuk masuk ke negara tersebut.

Sebelum terjadinya penggulingan pemerintah, akses mendapatkan visa negara ini juga termasuk sangat sulit terlebih di kondisi yang sekarang.

Turis bisa dibebaskan dari pengajuan visa apabila memiliki paspor diplomatik yang dikeluarkan dari salah satu negara seperti Cina, India, Indonesia, Iran, Tajikistan, dan Turki.

Itupun pemohon visa juga harus sambil menyertakan tujuannya dan bukan keperluan berwisata.

4. Korea Utara

Korea Utara merupakan negara tersulit dikunjungi oleh turis. Untuk mendapatkan izin masuk negaranya harus mengajukan visa ke agen wisata yang telah disetujui negara tersebut.

Kalaupun memang bisa mendapat akses masuk ke Korea Utara, turis harus mematuhi peraturan berlaku yang sangat ketat karena tidak dapat sembarangan menjelajah negara itu.

Jika hanya diizinkan berada di satu wilayah, maka turis tidak boleh mengunjungi wilayah lain yang belum mendapat izin resmi. Khususnya untuk pemegang paspor Amerika atau Korea Selatan, Anda dipastikan tidak memenuhi syarat mendapat visa Korea Utara.

5. Palestina

Selanjutnya negara yang cukup sulit untuk dikunjungi adalah Palestina. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, jika akan pergi ke negara tersebut, termasuk soal pemilihan pintu masuk ke negara tersebut.

Baca Juga: Deretan Negara Ini Tak Akan Jadi Peserta Piala Dunia hingga Kapanpun

Hal itu karena, para wisatawan yang ingin berkunjung ke Palestina melalui jalur Israel harus memerhatikan tanggal kedaluarsa visa. Kemudian penjagaannya yang cukup ketat, dan riskan terkena imbas konflik antara dua negara tersebut.

Sementara bagi yang ingin datang ke Palestina melalui Yordania, maka harus terbang ke bandara di Amman lebih dulu. Dilanjutkan menempuh perjalanan darat ke perbatasan Yordania-Israel, dikenal dengan Jembatan Allenby. Perbatasan tersebut beroperasi setiap Minggu hingga Kamis, pukul 8 pagi hingga 8 malam waktu setempat.

6. Somalia

Somalia adalah negara Afrika Utara yang secara resmi dikenal sebagai Republik Federal Somalia. Jika kamu pernah ingin memasuki Somalia sebagai turis, kamu harus berpikir ulang, karena tidak hanya sulit, tetapi juga sangat tidak disarankan.

Indeks Perdamaian Global telah menempatkan Somalia di urutan ke-6 sebagai salah satu tempat paling tidak aman untuk dikunjungi di dunia, karena kerusuhan politik. Karena itu, kedutaan tidak mengeluarkan visa pengunjung dengan mudah. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga