KPU Muna Barat Siapkan Pengundian Nomor Urut Bapaslon Bupati - Wakil Bupati

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 21 September 2024
0 dilihat
KPU Muna Barat Siapkan Pengundian Nomor Urut Bapaslon Bupati - Wakil Bupati
Rapat koordinasi persiapan pengundian dan penetapan nomor urut bagi Paslon Bupati Muna Barat. Foto: Ist

" Meski hanya terdapat satu bakal pasangan calon (bapaslon) dalam Pilkada 2024 di Muna Barat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap mempersiapkan tahapan pengundian dan penetapan nomor urut "

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Meski hanya terdapat satu bakal pasangan calon (bapaslon) dalam Pilkada 2024 di Muna Barat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap mempersiapkan tahapan pengundian dan penetapan nomor urut.

Persiapan pengundian nomor urut ini dibahas dalam rapat koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan liaison officer (LO) bapaslon La Ode Darwin - Ali Basa yang dilaksanakan di Kantor KPU Muna Barat, Sabtu (21/9/2024).

Ketua KPU Muna Barat, La Tajudin, menjelaskan bahwa rapat ini bertujuan memastikan kesiapan teknis dan prosedural untuk pengundian nomor urut, yang dijadwalkan pada 23 September 2024.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Apresiasi Pengamanan Polres dan TNI di Deklarasi Pemilukada Damai 2024

“Sebelum pengundian akan ada penetapan resmi calon bupati dan wakil bupati pada 22 September 2024,” ungkapnya.

Pelaksanaan penetapan nomor urut ini akan dilakukan dengan prosedur yang serupa dengan saat pendaftaran calon.

Namun, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) KPU RI, KPU Muna Barat akan membatasi jumlah massa atau pendukung yang hadir dalam kegiatan tersebut. Pihak KPU telah mengonfirmasi jumlah massa yang diperbolehkan untuk datang.\

Baca Juga: Nama Pjs Bupati Muna dan Kolaka Timur Beredar di Media Sosial

Kepala Divisi Teknis KPU Muna Barat, Akbar Muram Dani, menambahkan bahwa penetapan nomor urut akan dilaksanakan sesuai dengan PKPU No. 8 tahun 2024 dan Surat Dinas KPU No. 2045 mengenai pelaksanaan pengundian nomor urut. Pembatasan peserta bertujuan untuk memastikan kelancaran acara.

Dari hasil pendaftaran pasangan calon, diketahui bahwa Kabupaten Muna hanya memiliki satu bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan menunggu penetapan resmi pada 22 September 2024.

Dalam proses pengundian nomor urut nanti, calon tunggal akan melakukan pencabutan, dan nomor urut berikutnya akan dianggap sebagai kotak kosong. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga