Dana BOS Tahap Pertama Mulai Cair

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 10 Maret 2022
0 dilihat
Dana BOS Tahap Pertama Mulai Cair
Siswa SMPN 1 Kendari, saat melakukan proses pembelajaran. Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) nampaknya sudah mulai tersalurkan, tepatnya pada awal Maret ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) nampaknya sudah mulai tersalurkan, tepatnya pada awal Maret ini.

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, mengkonfirmasi penyaluran tahapan pertama untuk seluruh sekolah telah usai, mulai dari tingkat TK, SD, dan SMP.

Untuk tahun ini, anggaran dana BOS terbilang cukup besar yaitu Rp 47 miliar, di mana, ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 41 miliar.

Sekertaris Dikmudora Kendari, Hasyim mengatakan, dana BOS ini diperuntukan bagi seluruh sekolah, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah, baik dari segi fasilitas dan lain sebagainya.

"Dana BOS di setiap tahunnya, memang selalu berbeda kadang naik atau turun. Itu disesuaikan dengan jumlah siswa. Karena semakin banyak peserta didik, maka dana BOS itu akan meningkatkan juga anggarannya," ungkapnya kepada Telisik.id, Kamis (10/3/2022).

Dirinya menyebut, untuk penyaluran dana BOS, itu dilakukan dengan tiga tahapan, di mana setiap tahap penyaluran itu berbeda besaran yang diterima.

Baca Juga: Dikbud Sultra Tak Tanggung Jawab Dugaan Penyalahgunaan Dana BOS Tahun 2021

Penyaluran tahap pertama kata dia akan disalurkan di Februari, tahap kedua di Juni, dan tahap akhir pada September atau Oktober 2022.

"Untuk tahap pertama itu akan disalurkan sebesar 30 persen dari total anggaran, tahap kedua 40 persen, dan tahapan ketiga 30 persen," katanya.

Sementara itu, Tim Penyaluran dana BOS Dikmudora Kendari, Yuharis menjelaskan, untuk tahun ini penyaluran dana BOS berasal lansung dari pusat, bukan lagi dari daerah seperti yang terjadi sebelumnya.

"Sudah beberapa tahun terakhir itu dilakukan, dan itu terbilang sangat baik. Artinya ini lebih mempercepat penyaluran, karena lansung masuk ke rekening sekolah, tanpa harus menunggu lama lagi, jika sistemnya masih pihak daerah yang kelola," jelasnya.

Lanjut dia, untuk tahun ini, aplikasi pengurusan dana BOS itu sudah menggunakan satu pintu, di mana seluruh satuan pendidikan hanya menggunakan satu aplikasi saja.

Baca Juga: Muna Barat Masih Tahap Perencanaan Ujian Susulan ANBK

"Sekarang itu seluruhnya sudah menggunakan aplikasi RKAS untuk mengurus dana BOS. Aplikasi ini terkoneksi langsung dengan data Dapodik dari Kemendikbudristek. Sehingga jika ada kesalahan data dari sekolah itu bisa langsung ditau," katanya.

Tempat berbeda, Kepala SMPN 1 Kendari, Abdul Hamid, menyebut dana BOS tahap pertama itu sudah masuk di rekening sekolah.

"Tahun ini penyaluran tahap pertama sudah masuk. Tentunya kita akan pergunakan dana ini sebaik mungkin, untuk keperluan penunjang pendidikan, mulai dari fasilitas sarana dan prasarana serta berbagai hal lainnya," tuturnya. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga