IAIN Kendari Distribusikan Paket Data pada Mahasiswa

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 28 April 2020
0 dilihat
IAIN Kendari Distribusikan Paket Data pada Mahasiswa
Gedung perkuliahan terpadu mahasiswa IAIN Kendari. Foto: Ist

" Kita salurkan dalam dua tahap, tahap pertama tiga gigabyte, sisanya akan kita salurkan kemudian, sebab kerjasama ini masa berlakunya 60 hari. Paket ini khusus untuk keperluan akses informasi pembelajaran misalnya jurnal online, digital library, komunikasi via whatsapp dan keperluan lain yang berhubungan dengan pembelajaran. Sedangkan untuk video conference ada paket Cloudx, ini lebih aman dibandingkan aplikasi lain karena datanya sudah terenkripsi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari telah mendistribusikan paket data 6 GB pada mahasiswa sebagai langkah mengurangi beban dan mengefektifkan pembelajaran online (daring) yang ditempuh mahasiswa.

Pendistribusian paket data tersebut dilakukan secara bertahap, dengan rincian lima gigabyte untuk keperluan allnet sedangkan satu giga lainnya untuk penggunaan meeting pada aplikasi Cloudx Telkomsel.

"Kita salurkan dalam dua tahap, tahap pertama tiga gigabyte, sisanya akan kita salurkan kemudian, sebab kerjasama ini masa berlakunya 60 hari. Paket ini khusus untuk keperluan akses informasi pembelajaran misalnya jurnal online, digital library, komunikasi via whatsapp dan keperluan lain yang berhubungan dengan pembelajaran. Sedangkan untuk video conference ada paket Cloudx, ini lebih aman dibandingkan aplikasi lain karena datanya sudah terenkripsi,” ujar Kepala TIPD IAIN Kendari Ibrahim, Selasa (28/4/2020).

Dia berharap, paket data yang didistribusikan dimanfaatkan khusus untuk keperluan akses referensi pembelajaran, bukan untuk keperluan lainnya yang tidak berkaitan dengan kepentingan pembelajaran.

Kasubbag Perencanaan IAIN Kendari, Nasrullah Sulaiman menyampaikan  anggaran penyediaan fasilitas paket data tersebut berasal dari anggaran refocussing COVID-19.

Baca juga: Ombudsman Sultra Sebut 500 TKA China Belum Dapat Visa

"Sekarang ini pemerintah memfokuskan anggaran untuk penanganan COVID-19 secara nasional. Anggaran Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri atau BOPTN telah ditarik oleh pemerintah pusat dalam rangka penanganan COVID, sehingga seluruh kegiatan yang dibiayai dari BOPTN dihentikan. Kemudian pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menyiapkan anggaran refocussing COVID-19 termasuk penyediaan fasilitas paket data untuk mahasiswa sesuai dengan kemampuan anggaran tersedia,” jelasnya.

Wakil Rektor II IAIN Kendari, Dr. Batmang, M.Pd juga menyampaikan, anggaran penanggulangan COVID-19 di lingkup IAIN Kendari telah terdistribusi untuk beberapa item diantaranya bantuan paket mahasiswa, belanja peralatan protokol COVID-19 pada layanan kantor seperti alat pencuci tangan, thermometer digital, dan item lainnya yang diperlukan.

“Seluruh sistem penganggaran kita tetap mengacu juknis dari pusat. Yang sudah ada juknisnya kita salurkan sedangkan mengenai kompensasi lainnya baik terhadap ASN maupun mahasiswa, sampai saat ini belum ada juknisnya. Kita tetap menunggu arahan, sebab kita tidak bisa mengambil langkah sendiri jika aturannya belum jelas,” pungkasnya.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga