Daun Segar dari Muna Bakal Diekspor ke Singapura

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 12 Maret 2021
0 dilihat
Daun Segar dari Muna Bakal Diekspor ke Singapura
Daun kelor, pepaya, ubi, pisang yang akan diekspor di Singapura. Foto: Ist.

" Orderannya sudah kami siapkan, tinggal pembicaraan teknis dulu. "

MUNA, TELISIK.ID - Daun kelor, pepaya, pisang, ubi kayu dan bunga pepaya ternyata sangat diminati di luar negeri. Buktinya, Dinas Tanaman Pangan Holtikutura dan Perkebunan (DTPHP) Muna telah mendapat pasaran di Singapura.  

La Ode Anwar Agigi, Kadis TPHP Muna menerangkan, lima jenis daun yang akan diekspor berupa daun segar yang dikemas dalam plastik. Kini, Ia tengah melakukan pembicaraan awal dengan pihak eksportir terkait standar oprasional prosedur (SOP), harga dan cara pengirimannya.

"Orderannya sudah kami siapkan, tinggal pembicaraan teknis dulu," kata Anwar Agigi, Jumat (12/3/2021).

Menurut Anwar, ekspor itu merupakan terobosan dari Bupati Muna, LM Rusman Emba dalam rangka meningkatkan pendapatan para petani serta membantu untuk mendorong komoditas yang sudah menjadi identitas daerah seperti yang tengah digalakkan dengan konsep hulu-hilir untuk masuk pasar ekspor.

Baca juga: Nelayan Temukan Mayat Mengapung di Perairan Waruruma

"Ini semua merupakan salah satu rencana aksi brigade komunitas pertanian (Brikotani) yang dalam  waktu dekat akan launching," jelasnya.

Dengan terbentuknya Brikotani, akan mengawal fokus komoditas yang telah dipilih dan memastikan berjalan dengan konsep hulu-hilir, sehingga indikator kinerja bisa diukur dan dievaluasi.

"Kita lakukan, tidak boleh hanya dengan kata-kata, tapi harus dengan tindakan. Jadi mari bahu membahu untuk mewujudkannya. Jangan biarkan kepala daerah berjuang sendiri dalam memajukan daerah," ajaknya.

Anwar memastikan, penanganan beberapa komoditas sudah berada dalam jalur yang benar. Karenanya, ia meminta dukungan semua pihak.

"Memang tidak mudah, tapi harus dimulai karena setiap pencapaian selalu dimulai dari titik start," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga