Delapan Keluarga PDP di Konsel Menjalani Rapid Test

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Selasa, 21 April 2020
0 dilihat
Delapan Keluarga PDP di Konsel Menjalani Rapid Test
Penyemprotan disinfektan di rumah pasien oleh tim gugus tugas COVID-19 kec. Palangga. Foto: Ist.

" Sudah dilakukan pemeriksaan rapid test terhadap delapan orang keluarga pasien, dan hasilnya negatif. "

KONSEL, TELISIK.ID - Tim Satgas COVID-19 Konawe Selatan (Konsel) melakukan pemeriksaan rapid test terhadap Delapan orang anggota keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Konsel.

Pemeriksaan rapid test tersebut dilaksanakan di rumah masing-masing keluarga pasien, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konsel, Senin (20/4/2020).

Jubir COVID-19 Konsel, Drs. Annas Mas'ud, M.Si, mengatakan, telah dilakukan pemeriksaan rapid test terhadap Delapan orang keluarga PDP Ny. H, (26) tahun, yang pada hari Jumat, 17 April 2020 berdasarkan hasil rapid test dinyatakan positif di RS Hati Mulia.

"Sudah dilakukan pemeriksaan rapid test terhadap delapan orang keluarga pasien, dan hasilnya negatif," kata Annas, Selasa, (21/4/2020).

Baca juga: Penyerabaran Virus COVID-19 di Sultra, PDP, ODP dan OTG Bertambah

"Masing-masing keluarga pasien sampai saat ini, berdasarkan hasil pengamatan Satgas COVID-19 belum memperlihatkan gejala klinis yang berkaitan dengan gejala COVID-19, jadi tidak masuk dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP)," tambah Annas.

Selain pemeriksaan rapid test, Tim Satgas COVID-19 Konsel juga melakukan penyemprotan disinfektan di masing-masing rumah keluarga pasien, hal ini dilakukan sebagai langkah antisipatif terhadap penyebaran COVID-19.

"Selain pemeriksaan rapid test, penyemprotan disinfektan di rumah pasien juga dilakukan oleh tim gugus tugas COVID-19 Kecamatan Palangga," ujarnya.

Untuk diketahui, Ny. H, adalah PDP asal Konsel yang saat ini tengah diisolasi di RSU Bahteramas dan menunggu hasil swab Chain Reaction (PCR), untuk membuktikan apakah dirinya terpapar COVID-19 atau tidak.

Annas Mas'ud kembali mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik terhadap kondisi saat ini, yang terpenting masyarakat tetap selalu menggunakan masker, jaga jarak (social distancing) dan selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terjauh dari COVID-19.

 

Reporter : Hamka Dwi Sultra

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga