Tips Jaga Kesehatan Hadapi El Nino di Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 18 Oktober 2023
0 dilihat
Tips Jaga Kesehatan Hadapi El Nino di Indonesia
Untuk menghadapi panas yang berlebihan, salah satu hal yang disarankan adalah dengan mengenakan pakaian tipis, longgar dan yang bisa menyerap keringat. Foto: Jabar.prov.go.id

" Cuaca panas yang berlebihan sedang melanda beberapa daerah di Indonesia. BMKG memprediksi awal musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia akan lebih lambat dari pada biasanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Cuaca panas yang berlebihan sedang melanda beberapa daerah di Indonesia. BMKG memprediksi awal musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia akan lebih lambat dari pada biasanya.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto seperti dilansir dari Kompas.com, awal musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan terjadi pada November 2023.

Berikut tips sederhana atasi El Nino di antaranya:

1. Buka jendela ruangan dan tutup tirai

Satu hal praktis dan sederhana yang ditawarkan untuk menghadapi cuaca panas di dalam rumah adalah membuka pintu dan jendela rumah. Ini adalah cara yang alami.  

Baca Juga: Teliti Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kendaraan Listrik

Maka supaya udara dalam rumah tetap bisa bersirkulasi dengan baik, disarankan agar kita membuka semua jendela, tetapi tutuplah tirai supaya panas yang masuk ke dalam rumah masih bisa tertahan oleh tirai. Dengan demikian, panas tidak terlalu menusuk kulit, terutama bagi mereka yang punya kulit sensitif.

2.  Perbanyak  minum air putih

Cuaca yang panas dan kering akan menyebabkan kerongkongan yang terasa kering, dan tubuh kita akan mengalami dehidrasi. Untuk itu disarankan agar kita harus memperbanyak minum air putih seperti dikutip dari Jabar.prov.go.id.

3. Hemat listrik

Matikan peralatan elektronik ketika tidak digunakan, gunakan lampu hemat energi atau lampu LED, dan hindari penggunaan alat elektronik yang tidak perlu, kurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Gunakan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki jika memungkinkan.

Kurangi pemakaian plastik, bawa botol minum sendiri, gunakan tas belanja kain, dan hindari penggunaan produk plastik sekali pakai lainnya

Kurangi pemborosan makanan: Belilah makanan sesuai kebutuhan, hindari membuang makanan yang masih bisa dikonsumsi. Dukung energi terbarukan: Pilih untuk menggunakan energi terbarukan seperti matahari atau angin, jika memungkinkan.

Baca Juga: Indonesia Panas Ekstrem, Ini Rekomendasi Sunscreen SPF 50 Dewasa dan Anak-Anak

4. Hindari kena sinar matahari langsung

Bagi mereka yang tidak biasa berada di luar ruangan sebaiknya hindari kena sinar matahari langsung, sebab gelombang panas dari matahari mengandung bahaya bagi kulit.

Panasnya matahari dapat merusak kulit jika terpapar langsung. Karena itu, sebisa mungkin menghindari aktivitas di luar ruangan. Namun bagaimana dengan para petani dan pekerja yang mau tidak mau harus berada di luar ruangan.

5. Kenakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat

Untuk menghadapi panas yang berlebihan, salah satu hal yang disarankan adalah dengan mengenakan pakaian tipis, longgar, dan yang bisa menyerap keringat. Dan untuk itu biasanya disarankan memakai pakaian yang berwarna terang demi meminimalisir panas tubuh berlebihan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga