Pencari Kerja, Ini Skill yang Diminati HRD jika Ingin Diterima

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Pencari Kerja, Ini Skill yang Diminati HRD jika Ingin Diterima
Persaingan dalam mencari kerja semakin ketat ditambah denganbanyaknya jumlah wisuda masing-masing universitas tiap tahun disertai sempitnya lowongan kerja akibat ketidakpastian ekonomi global. Foto: Glints.com

" Persaingan dalam mencari kerja semakin ketat, ditambah dengan banyaknya jumlah wisuda masing-masing universitas tiap tahun, disertai sempitnya lowongan kerja akibat ketidakpastian ekonomi global "

KENDARI, TELISIK.ID - Persaingan dalam mencari kerja semakin ketat, ditambah dengan banyaknya jumlah wisuda masing-masing universitas tiap tahun, disertai sempitnya lowongan kerja akibat ketidakpastian ekonomi global.

Hal ini menyebabkan banyaknya pengangguran di Indonesia. Ingin segera mendapat pekerjaan, Anda perlu miliki skill yang diinginkan oleh peusahaan.

Ketika melamar pekerjaan, penting bagimu menuliskan informasi serta soft skill dalam resume atau CV untuk buat HRD terkesan. Jika HRD terkesan, tentu kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar.

Berikut deretan soft skill yang perlu Anda miliki dikutip dari Detik.com dan glints.com:

Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan Hadapi El Nino di Indonesia

1. Kemampuan komunikasi

Soft skill pertama yang bisa kamu cantumkan dalam resume atau CV untuk buat HRD terkesan adalah kemampuan komunikasi.

Kemampuan komunikasi yang baik memastikan informasi dapat disampaikan dengan jelas ke orang lain.

Sehingga, soft skill ini meminimalisir terjadinya miskomunikasi yang dapat berdampak buruk pada pekerjaan.

Kemampuan yang satu ini bisa dinilai dari setiap tahap rangkaian penerimaan kerja, mulai dari mengirimkan cover letter hingga interview.

2. Analisis

Kemampuan menganalisis juga menjadi salah satu soft skill yang bisa dicantumkan untuk buat HRD terkesan. Saat ini, data menjadi hal yang sangat penting bagi berbagai perusahaan.

Maka dari itu, kemampuan dalam mengatur, menganalisis, menafsirkan, dan menyajikan data untuk menyelesaikan masalah ataupun menyusun strategi baru menjadi sangat penting.

Perusahaan akan menghargai kemampuanmu untuk meninjau data secara teroganisir dan membuat rencana berdasarkan hasil tinjauan tersebut.

3. Manajemen waktu

Soft skill selanjutnya yang dapat membuat HRD terkesan adalah manajemen waktu. Time management membantumu organisasi jadwal serta memastikan pekerjaan berjalan efisien dan selesai tepat waktu.

Seseorang dengan kemampuan time management yang baik selalu memanfaatkan waktunya dengan baik. Tidak hanya itu, kemampuan manajemen waktu juga dapat meringankan stres serta meningkatkan kualitas pekerjaan.

Baca Juga: Teliti Sebelum Membeli, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kendaraan Listrik

4. Problem-solving

Kemampuan problem-solving juga menjadi salah satu soft skill  yang dapat membuat HRD terkesan. Memiliki kemampuan ini memungkinkanmu untuk berpikir secara sistematis ketika menghadapi suatu masalah.

Ditambah dengan kemampuan berpikir kreatif, kamu juga bisa mencari solusi yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Seseorang dengan kemampuan problem-solving akan sangat dicari perusahaan karena dapat membantu mereka untuk bersaing di industrinya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga