Tips Hewan Peliharaan Terhindar dari Kutu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 09 Juli 2023
0 dilihat
Tips Hewan Peliharaan Terhindar dari Kutu
Memiliki hewan peliharaan menjadi hal yang menyenangkan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara merawatnya, termasuk merawatnya dari serangan kutu. Foto: Theasianparent.com

" Memiliki hewan peliharaan menjadi hal yang menyenangkan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara merawatnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki hewan peliharaan menjadi hal yang menyenangkan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara merawatnya.

Termasuk memastikan makanan, lingkungan dan kenyamanan hewan peliharaan termasuk merawatnya dari serangan kutu.

Hewan peliharaan yang jarang dibersihan akan rentan terkena kutu. Untungnya beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk mencegahnya.

Melansir dari laman Kompas.com dan parapuan.co, berikut tips melindungi hewan peliharaan dari kutu:

Baca Juga: Cara Membuat Kuisioner dengan Google Form, Mudah dan Gratis

1. Rutin menyikat bulu peliharaan

Menjaga kebersihan bulu hewan peliharaan kamu adalah langkah penting untuk mencegah kutu. Lakukan pemeriksaan rutin pada bulu mereka dan sikat secara teratur.

Sikat bulu akan membantu menghilangkan kutu dewasa dan telur yang mungkin menempel pada bulu. Pastikan kamu menggunakan sikat yang sesuai dengan jenis bulu hewan peliharaan kamu

2. Gunakan pengobatan kutu

Banyak sampo hewan peliharaan mengandung bahan kimia pembunuh kutu yang membantu atau menjadi cara melindungi hewan peliharaan terkena kutu. Memandikan hewan peliharaan secara teratur dengan sampo tersebut dapat membantu mengurangi jumlah kutu yang menempel di tubuhnya. 

Sampo ini sering kali juga dapat mencegah kutu sehingga hewan peliharaan mendapatkan perlindungan ekstra terhadap parasit kecil yang mengganggu.

3. Jaga kebersihan tempat tinggal

Membersihkan lingkungan tempat tinggal hewan peliharaan secara teratur adalah langkah penting untuk mencegah kutu. Cuci tempat tidur, selimut, dan mainan hewan peliharaan secara berkala.

Vakum rumah kamu dengan baik, terutama area-area tempat hewan peliharaan sering berada. Hal ini akan membantu menghilangkan kutu dan telur yang mungkin ada di lingkungan sekitarnya

Baca Juga: Tips Bersihkan Karpet Selain Vakum Cleaner

4. Periksa hewan peliharaan secara teratur  

Meski pemeriksaan kutu secara teratur tidak dimaksudkan sebagai strategi pencegahan, hal ini dapat mengurangi waktu yang dihabiskan kutu menempel pada hewan peliharaan, yang berpotensi membatasi kemampuan parasit untuk menularkan penyakit.

Cukup usapkan tangan Anda di sepanjang bulu mereka, rasakan apakah ada benjolan kecil dan keras. Kutu cenderung tertarik pada area gelap dan lembap seperti ketiak, mulut, dekat telinga, atau di dekat ekor.

5. Jauhkan peliharaan dari hewan lainnya

Kutu dapat dengan mudah menyebar dari satu hewan ke hewan lainnya. Hindari interaksi hewan peliharaan kamu dengan hewan liar atau hewan peliharaan lain yang terinfeksi kutu.

Jika kamu mengetahui bahwa hewan peliharaan lain terkena kutu, segera hubungi pemiliknya dan sarankan agar mereka mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga